Ekbis

KPPBC Gresik Musnahkan Ribuan Rokok Ilegal

Gresik (beritajatim.com) – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean (KPPBC-TMP B) Gresik memusnahkan ribuan rokok jenis sigaret kretek mesin atau SKM serta sigaret kretek tangan (SKT). Ribuan batang rokok tersebut tidak dilengkapi dengan pita cukai.

Kepala KPPBC TMP B Gresik, Bier Budy Kiswanto mengatakan, penindakan serta pemusnahan SKM dan SKT tanpa pita cukai itu merupakan hasil operasi antara Bulan Juni hingga Juli 2019.

“Total ada 67.362 SKM dan SKT yang tidak dilengkapi pita cukai rokok kami musnahkan,” ujarnya, Selasa (15/10/2019).

Masih menurut Bier Budy Kiswanto, selain memusnahkan rokok ilegal, instansinya juga memusnahkan tembakau iris (TIS) tanpa dilengkapi dokumen sejumlah 180 kilogram serta liquid vape (HPTL) 118 botol, minum mengandung etil alkohol (MMEA) 308 liter atau 787 botol, dan obat-obatan kedaluwarsa.

“Jika ditotal kerugian negara akibat tanpa dokumen resmi tersebut mencapai sebesar Rp 79,39 juta,” tuturnya.

Ia menambahkan, hasil penindakan tersebut juga berkat adanya edukasi ke masyarakat khususnya peredaran rokok ilegal serta operasi pasar yang difokuskan pada produk hasil tembakau ilegal.

“Guna meningkatkan hasil penindakan dan operasi pasar. Kami juga mengawasi perairan di Gresik. Sebab, tidak menutup kemungkinan banyaknya kapal yang berlabuh bisa dimanfaatkan bagi peredaran barang ilegal,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Jatim I M.Purwanto menegaskan Gresik punya peran sangat vital menyelamatkan uang milik negara. Kendati, daerah ini bukan sentra industri rokok SKM maupun SKT.

“Saya mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh KPPBC TMP B Gresik,” ungkapnya.

Hal senada juga dikemukakan oleh Wabup Gresik, M. Qosim yang hadir di pemusnahan rokok ilegal. Menurutnya, apa yang telah dilakukan KPPBC TMP B Gresik sudah sangat luar biasa bisa menyelamatkan keuangan negara. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar