Ekbis

Konsumsi Kopi Naik 8 Persen Tiap Tahun, IKM Dilatih

Jember (beritajatim.com) – Saat ini mengkonsumsi kopi bukan lagi sekadar kebutuhan, tapi sudah menjadi gaya hidup. Tren peningkatan konsumsi
kopi di dalam negeri diprediksi mencapai delapan persen per tahun.

Hal ini dipaparkan dalam teks pidato Direktur pada Direktorat Industri Kecil Menengah Pangan Barang dari Kayu dan Furniture Kementerian Perinduatrian, Sri Yunianti, saat membuka acara bimbingan teknis roasting dan blending kopi, di Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, Kabupaaten Jember, Jawa Timur, Selasa (23/7/2019).

“Salah satu langkah yang dapat dilakukan terhadap pengembangan kopi, selain menumbuhkembangkan wirausaha baru dan sentra-sentra kopi potensial, adalah melalui peningkatan dan sertifikasi kompetensi sumber daya manusia IKM,” kata Yunianti.

Tahun ini, Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur melakukan berbagai program. “Ini dalam rangka pengembangan kompetensi dan sertifikasi SDM IKM kopi seperti bimbingan dan sertifikasi SKKNI barista, bimbingan teknis roasting, dan bimbingan teknis uji cita rasa kopi,” kata Yunianti.

Sumber daya IKM mendapat perhatian pemerintah, karena mereka menjadi penggerak ekonomi nasional. Populasinya lebih dari empat juta unit usaha, dan ini 90 persen lebih dari total unit usaha industri nasional. IKM yang bergerak di sektor kopu merupakan bagian di dalamnya.

Jumlah unit usaha IKM secara umum mampu menyerap tenaga kerja lebih dari 10 juta orang. IKM juga berkontribusi sebesar 19,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto industri berdasarkan data tahun 2016.

“Selain itu kemampuan IKM dalammenghasi lkan barang dan atau jasa industri untuk keperluan ekspor dan domestik berperan penting dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Hal ini membuat perekonomian nasional bersaing dengan kawasan ASEAN,” kata Yunianti.

Bimbingan teknis roasting dan blending kopi bersama Puslit Kopi dan Kakao Indonesia adalah kali kedua. Kegiatan digelar pada 23-25 Juli 2019 dan diikuti pelaku IKM dari Kabupaten KepulauanMeranti R iau, Muara Enim Sumatera Selatan, Kepahiang Bengkulu, Jember Jawa Timur, Bone Bolango Gorontalo, Manggarai Nusa Tenggara Timur, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur, Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur, Jakarta, dan Sigi. (wir/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar