Ekbis

Kisah Sukses Anggota TNI Kediri Bertani Buah Belimbing

Mohammad Chairudin memanen buah blimbing miliknya.

Kediri (beritajatim.com) –Mohammmad Choirudin (53) warga Dusun Sumbergambi Kidul, Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri sukses bertani belimbing. Budidaya tanaman buah ini sudah dimulai sejak 2010.

Awalnya, Udin, begitu sapaan akrab Mohammad Chairudin membeli buah belimbing di pasar. Saat itu, harga buah blimbing tergolong mahal sekitar Rp 22 ribu perkilogram. Dari situlah muncul inisiatif untuk menanam 1 pohon belimbing di depan rumah.

Satu pohon tersebut mampu menghasilkan 30 kg buah dalam setiap panen. Melihat produktifitas buah yang menggiurkan, dia kemudian mengembangkan tanaman di belakang rumahnya secara bertahap. Awalnya 100 pohon dan sekitar 1 tahun tambah lagi 100 pohon. Sekarang menjadi 200 pohon.

Mohammad Choirudin menjelaskan buah belimbing ini adalah tanaman yang tidak kenal musim alias continue. Satu minggu bisa panen tergantung bagaimana merawatnya.

“Permintaan akan buah belimbing cukup besar, biasanya untuk oleh-oleh dan dikomsumsi di rumah sebagai tambahan vitamin. Dengan mengkonsumsi buah belimbing tiap hari kandungan vitamin yang diperoleh oleh tubuh seperti vitamin C, potasium, vitamin A, serat, antioksidan seperti polifenol, sedikit magnesium, protein dan kalsium. Buah ini juga dikenal rendah kalori,” jelasnya.

Mohammad Chairudin di kebun blimbing miliknya

“Jenis pohon belimbing yang saya tanam adalah jenis karang sari merah atau bangkok merah. Karena buahnya besar-besar dan warnanya sangat menarik yaitu kuning kemerahan,” tambahnya. Saat ini ia memiliki karyawan sebanyak tiga orang yang semuanya warga Desa Sonorejo. Untuk pemasaran selama ini masih kepada tengkulak.

“Masa pensiun saya sebagai anggota TNI Koramil Grogol kurang beberapa bulan lagi. Setelah pensiun nanti angan-angan saya ingin membuat edukasi petik belimbing di tempat ini. Tujuannya agar Desa Sonorejo menjadi sentra buah belimbing dan perekonomian masyarakat sekitar terangkat,” harapnya.

Sementara itu Koordinator PPL Kecamatan Grogol Prasetyo Utomo yang ikut survei ke kebun milik pak Udin sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukannya.

“Ayo menanam, jangan sampai ada lahan kosong di desa kita. Manfaatkan dengan sebaik-baiknya dengan ditanami pohon yang produktif seperti buah-buahan,” ajaknya.

Jika Anda ingin memesan buah belimbing sebagai oleh-oleh, bisa menghubungi nomor 08533449080. Anda juga bisa langsung berkunjung ke kediaman Choirudin di Dusun Sumbergambi Kidul Desa Sonorejo Kecamatan Grogol. [adv/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar