Ekbis

Kampoeng Kreasi 2019, Dukung Produk Usaha Ekonomi di Era Industri 4.0

Surabaya (beritajatim.com) – Pameran Kampoeng Kreasi 2019 targetkan semua peserta bisa mendapatkan peluang pasar yang lebih luas. Pameran Kampoeng Kreasi 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa ini diharapkan mampu membuat pelaku UMKM lebih percaya diri.

Menjadi salah satu wadah yang dapat memperkenalkan produk-produk unggulan dari berbagai bumdesa dan pelaku usaha ekonomi masyarakat binaan pemerintah provinsi Jawa Timur, Kampoeng Kreasi 2019 menghadirkan pula berbagai program acara menarik yang dapat menunjang pengetahuan masyarakat mengenai berbagai peluang bisnis dan peningkatkan daya saing usaha.

Pameran produk unggulan seperti ini juga merupakan salah satu perwujudan misi pemerintah provinsi Jawa Timur yaitu Nawa Bhakti Satya dalam Jatim Sejahtera khususnya Jatim Kerja. Hal itu untuk mencetak milleniel professional memasuki era dunia kerja berbasis freelance dengan memfasilitasi startup, membangun jam kerja, akses pemasaran dan pembiayaan usaha serta memberi jaminan bagi produksi dan distribusi produk-produk inovasi usaha kecil dan industri kecil yang sinergis dengan informasi super corridor.

Arumi Bachsin, Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus Ketua Dekranasda Jawa Timur mengucapkan harapannya agar dapat terus mengembangkan program seperti ini untuk memberikan banyak pengetahuan dan manfaat bagi masyarakat.

“Kami menyambut baik penyelenggaraan pameran Kampoeng Kreasi produk unggulan pedesaan yang dapat meningkatkan wawasan dan membuka akses jaringan pemasaran dari masyarakat pada jenjang pasar yang lebih luas. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk membuka akses menembus pasar ekspor. Peningkatan kreativitas, inovasi harus sering ditingkatkan guna mendorong usaha-usaha masyarakat dan keluarga lebih maju dan berdaya,” kata Arumi.

Dengan adanya program- program pemerintah yang terus mendukung penuh pembinaan usaha rakyat dan pemberdayaan masyarakat khususnya desa dan beberapa daerah lainnya, hal ini diharapkan juga dapat dimanfaatkan penuh oleh masyarakat untuk terus menggali kreatifitasnya dan dapat bersinergi dengan pemerintah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Mohammad Yasin sebagai penyelenggara acara pameran Kampoeng Kreasi mengungkapkan semangatnya dalam melaksanakan pameran ini untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat. “Pameran produk unggulan ini merupakan salah satu wujud kongkrit pengembangan usaha ekonomi masyarakat yang bertujuan untuk mendorong penciptaan dan pengembangan kegiatan ekonomi baru,” ujarnya.

“Pengembangan potensi lokal serta melestarikan citra budaya daerah serta untuk memperkenalkan produk unggulan masyarakat di Provinsi Jawa Timur, sehingga produk-produk lokal masyarakat dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan bahkan dapat didorong untuk bersaing di luar negeri,” tandasnya. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar