Ekbis

Jaminan Sertifikat Tanah di Perbankan Jatim Tembus Rp 197 Triliun

Gresik (beritajatim.com) – Jaminan sertifikat tanah yang diagunkan di perbankan Jatim tahun 2019 tembus di angka Rp 197 triliun. Angka ini naik dibanding tahun 2018 yang mencapai Rp 91 triliun.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil menuturkan, akses pinjaman menggunakan jaminan sertifikat tanah ke perbankan di Jatim dalam kurun setahun terakhir ini mengalami kenaikan setelah warga menerima sertifikat tanah gratis.

“Kenaikannya sangat fantastis dan tidak menuntup kemungkinan bakal naik lagi di tahun 2020,” ujarnga usai Penyerahan Sertifikat Tanah di Wahana Ekspresi Poesponegoro (WEP) Gresik, Senin (27/01/2020).

Selain mendongkrak transaksi perbankan, adanya sertifikat tanah yang dibagikan itu juga membuat batas-batas desa terlihat jelas, sehingga menekan kasus sengketa tanah yang sering terjadi.

“Saat ini batas-batas desa terlihat jelas, sengketa tanah dapat terselesaikan,” papar Sofyan.

Ia menambahkan, terkait dengan program pemerintah ini. Pihaknya akan terus mendorong program sertifikat tanah, salah satunya di wilayah Jatim dengan target hingga tahun 2024 harus terselesaikan.

“Saat ini di Jatim ada 10 juta bidang tanah, dan sekitar 9,4 juta lagi yang harus diselesaikan dengan target 2024,” ungkapnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar