Ekbis

Jalur KA Gresik ke Teluk Lamong Segera Dibuka

Kereta api barang membawa petikemas

Gresik (beritajatim.com)- Jalur kereta api (KA) dari Stasiun Indro Gresik menuju ke Pelabuhan Teluk Lamong, Surabaya segera dibuka. Rencananya, jalur sejauh 4,5 kilometer akan dilalui kereta api. Hanya saja, jalur tersebut masih terkendala pembebasan lahan.

Kasi Perkeretaapian Dishub Pemkab Gresik Sugianto membenarkan pihaknya sudah memetakan lintasan sejauh 4,5 kilometer. Lintasan tersebut mulai dari Teluk Lamong hingga menuju ke Stasiun Indro. Kendati demikian, pihaknya tidak menggunakan rel kereta yang sudah ada. Sebab, kondisi rel banyak yang sudah tertutup dan tidak layak.

“Nantinya ada tambahan rel baru. Jalur tersebut khususn untuk perlintasan kereta barang dari Teluk Lamong ke Stasiun Indro,” tuturnya, Sabtu (29/06/2019).

Ia menambahkan, terkait dengan jalur KA itu pihaknya baru selesai memetakan kebutuhan. Untuk pelaksanaannya masih terkendala pembebasan lahan. Sebab, wilayah yang dilalui perlintasan itu sudah padat penduduk. Namun, Sugianto mengaku pembebasan lahan sudah berjalan. Pihaknya sebagai fasilitator juga sudah melakukan sosialisasi kepada warga setempat.

“Pembebasan lahan dilakukan langsung oleh pusat. Kami hanya fasilitator pelaksana saja. Proyek re-aktifasi perlintasan itu sepenuhnya menjadi milik PT KAI,” tambahnya.

Sugianto menyatakan mengenai pembebasan lahan itu tidak berjalan mudah. Ada beberapa warga yang belum setuju. Namun, Dishub berupaya agar persoalan lahan ini bisa segera selesai.

 

“Kami terus berupaya agar tahun depan sudah bisa aktif lagi. Itu kan melintasi jalur di Kebungson, Karangkiring, hingga ke pelabuhan. Kalau sudah beroperasi distribusi barang bakal lebih lancar,” tandasnya.[dny/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar