Ekbis

Ini Tips Menuju Sukses dari Indra Uno Kepada Pelaku UKM

Sidoarjo (beritajatim.com) – Indra Uno sapa emak-emak pelaku UKM yang tergabung dalam Delta Kreatif di Tanggulangin Jumat (12/4/2019).

Di depan ratusan emak-emak, kakak Cawapres no 02 Sandiaga Uno, memberikan tips untuk bisa menjadi pelaku UKM yang didambakan.

Konsep yang dikenalkan kepada emak-emak ini adalah OK OCE. Yang selama ini berhasil diterapkan di Jakarta sebagai program sosial membuka lapangan kerja.

“Keberhasilan UKM itu bisa dilihat dari seberapa bagusnya menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar,” kata Indra Uno.

Dia menjelaskan, konsep untuk bisa menjadi pelaku UKM sukses, harus memperhatikan 7 P. Yakni, pendaftaran, pelatihan, pendampingan, perizinan, pemasaran, pelaporan keuangan dan terakhir adalah akses terhadap permodalan.

Indra Uno bersama para pelaku usaha UKM di Tanggulangin Sidoarjo

“Kalau pingin sukses menjadi pelaku usaha, 7P itu harus diperhatikan oleh semua pelaku usaha,” tambah Indra Uno.

Lebih jauh Indra Uno menjelaskan, pelaku usaha harus giat melakukan pelatihan untuk menciptakan kreatifitas. Pendampingan terhadap pelaku UKM juga harus ada. Termasuk untuk permodalan, pemasaran hasil kreasi maupun produk UKM, pemerintah harus hadir.

Untuk perizinan, harus dimiliki oleh setiap pelaku usaha untuk legalisasi dalam berusaha. Dan tak kalah pentingnya, laporan keuangan harus berjalan dengan baik.

“Jangan sampai dalam berusaha, tidak ada laporan. Bahkan tidak diketahui akses permodalan sehingga campur kantong kanan dan kiri,” jelasnya.

Untuk menunjang kelangsungan usaha, masih menurut Indra, soal besar omset harus menjadi perhatian. Dan jika usaha jalan, ciptakan lapangan kerja yang besar pula.

“Muamalah berjamaah dalam usaha juga diperlukan dan the power silaturrahmi juga sangat penting dalam kelansungan dan meningkatkan usaha di tengaj masyarakat” imbuh Indra Uno menutup. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar