Ekbis

Ini Kegiatan Jelang Peresmian Obyek Wisata Edukasi Dewi Kemang Kediri

Kediri (beritajatim.com) – Menjelang peresmian area crop circle Desa Kedungmalang Kecamatan Papar, dilaksanakan Gelar Inovasi Teknologi Tanaman Pangan dan Hortikurtura oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur. Acara ini berlangsung Rabu-Kamis, 7-8 Agustus 2019.

Pada hari pertama digelar berbagai lomba untuk para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang pertanian seperti lomba yel-yel cettar, lomba foto on the spot dan lomba merangkai tanaman hortikultura.

Dalam lomba yel-yel, peserta dari tiap sekolah di Jawa Timur memberikan penampilan terbaiknya di hadapan dewan juri. Sebagaimana diketahui, Cettar merupakan perasan dari program kerja Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Nawa Bhakti Satya, yang ditargetkan selama 99 hari pertama kerja. Cettar sendiri memiliki kepanjangan kerja cepat, efektif, tanggap, transparan dan responsif.

Kepala UPT Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim, Satoto Berbudi mengatakan, selain berbagai perlombaan yang kompetitif, kegiatan ini juga diisi sosialisasi inovasi teknologi pertanian. Tujuannya untuk memberikan pembelajaran kepada para petani dan generasi muda tentang pemanfaatan teknologi pertanian untuk mencapai program swasembada pangan nasional.

Ditambahkan Satoto, Pemprov Jawa Timur sengaja menggelar kegiatan di kawasan wisata edukasi crop circle di Kabupaten Kediri untuk merangsang minat generasi muda terhadap dunia pertanian. Mereka diajak langsung mengenali berbagai varietas perbenihan seperti yang telah dibudidayakan di lokasi.

Sebagaimana diketahui, kawasan wisata edukasi Kemang atau Desa Kedung Malang ini akan diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kamis 8 Agustus. Wisata crop circle dibangun di atas lahan pertanian seluas 2,1 hektar sejak April lalu. Ada 260 varietas tanaman yang didesain menjadi program kerja Cettar. Kendati belum dibuka secara resmi, kawasan ini sudah ramai dikunjungi oleh masyarakat. [adv kominfo/nng]

Apa Reaksi Anda?

Komentar