Ekbis

Ingat, Jangan Tak Tukar Uang Baru Lewat Calo

Malang (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Malang menyiapkan uang kartal sebanyak Rp4,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang baru masyarakat selama Ramadan dan Idul Fitri 2019. Penukaran bakal dilakukan sejak 26 Mei 2019 sampai 2 Juni 2019 atau selama 8 hari di wilayah kerja BI Malang. Meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Kota Probolinggo, dan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Malang, Azka Subhan mengimbau masyarakat tak melakukan tukar uang baru melalui calo. Sebab, Bank Indonesia akan melayani penukaran uang serentak melalui 72 titik outlet Bank Umum dan 49 titik outlet BPR di wilayah kerja Bank Indonesia Malang.

“Kami menggunakan 13 mobil kas keliling, 1 mobil milik Bank Indonesia, sedangkan 12 mobil lainnya adalah milik Bank umum diantaranya; BNI, BCA, BTN, CIMB Niaga, Permata Bank, Bank Muamalat, BPD Jatim, BPD Jatim Syariah, Bank Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BRI, dan BRI Syariah,” papar Azka.

BI Malang menghimbau masyarakat agar menukar uang di tempat-tempat penukaran resmi baik yang dilakukan oleh BI, perbankan maupun pihak lain yang ditunjuk oleh BI. Tujuannya untuk menghindari risiko uang palsu dan kemungkinan selisih uang.

“Masyarakat selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang Rupiah ingat 3D (Dilihat, Diraba, Diterawang). Serta untuk memperlakukan dan merawat rupiah dengan baik melalui 5 jangan (Jangan Dicoret, Jangan Distepler, Jangan Diremas, Jangan Dibasahi dan Jangan Dilipat),” tandasnya.

Selain itu, Azka mengatakan, dana Rp4,7 triliun dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan, serta melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat. [luc/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar