Ekbis

Hasil Produksi Garam Pamekasan Capai 152.549 Ton Pada 2019

Pamekasan (beritajatim.com) РHasil produksi garam di Kabupaten Pamekasan, mencapai  152.549 ton sepanjang musim kemarau pada tahun 2019.

Hasil produksi tersebut tersebar di tiga kecamatan berbeda, yakni di kecamatan Galis, Pademawu dan Tlanakan. Ketiga kecamatan tersebut merupakan pusat garam di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Mulai musim kemarau panjang hingga per 13 Desember 2019 kemarin. Kami mencatat total produksi garam di tiga kecamatan berbeda sebanyak 152.549 ton,” kata Kepala Seksi Pengelolaan dan Pengembangan Kawasan Budidaya Dinas Perikanan Pamekasan, Muzanni, Kamis (26/12/2019).

Tidak hanya itu, pihaknya juga memastikan jika musim garam tahun ini dipastikan selesai menyusul masa pancaroba menuju musim hujan. “Musim garam untuk kali ini sudah selesai, karena sudah memasuki musim penghujan khususnya di kabupaten Pamekasan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga telah mengembangkan lahan integrasi yang lebih baik dengan lahan konvensional dan dikelola langsung oleh masyarakat. “Luas lahan integrasi sekitar 47,1 hektar dan non integrasi seluas 876,5 hektar,” jelasnya.

“Lahan Integrasi ini adalah lahan yang digabungkan untuk nantinya ditata kelola dari cara pengelolaan airnya. Jadi air baku ini betul-betul dikelola dengan baik, sehingga bisa meningkatkan dan menghasilkan produksi garam yang berkualiatas,” sambung Muzanni.

Bahkan untuk lahan Integrasi ini difasilitasi, baik dari sarana dan prasarana berupa perbaikan dan penataan lahan. “Perbaikan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, seperti mesin pompa air. Termasuk juga tegnologi geomembran,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar