Ekbis

Harga Bawang Putih Mulai Stabil di Ponorogo

Ponorogo (beritajatim.com) – Tim gabungan satgas pangan Ponorogo memantau sejumlah harha barang bahan pokok di pasar songgolangit di hari kedua bulan ramadan ini. Diantaranya mereka langsung meninjau harga bawang putih yang menjelang puasa lalu harganya naik.

“Harga bawang putih sudah mulai stabil, di pasar songgolangit ini sudah mulai turun,” kata KBO Sat Reskrim Polres Ponorogo, Ipda Hariyadi, Selasa (7/5/2019).

Hariyadi menyebut ditingkat distributor, pada awal Mei lalu harga bawang putih mencapai Rp. 50 ribu, kali ini turun hanya Rp. 35 ribu sampai Rp. 38 ribu. Sedangkan untuk tingkat pedagang, bawang putih harganya mencapai Rp. 40 ribu.

Meski harga mulai stabil, dari pantauan banyak pedagang yang enggan kulakan bawang putih besar-besaran. Karena ada ketakutan harganya akan terus turun atau bahkan bisa naik juga. Meskipun demikian, Hariyadi menyebut bahwa saat ini stok bawang putih di pasar songgolangit ini masih aman. “Stok masih aman meski pedagang enggan kulakan banyak,” katanya.

Sedangkan harga untuk komoditas lain, seperti harga ayam potong yang semula Rp 32 ribu sekarang menjadi Rp 34 ribu sampai Rp 36 ribu. Harga daging sapi relatif stabil tidak ada kenaikan diawal puasa ini yakni tetap Rp 110 ribu.

“Dari hasil pantauan hari ini, tidak ada lonjakan harga signifikan baik itu turun maupun naik saat memasuki bulan ramadan ini,” pungkasnya. (end/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar