Ekbis

Harga Bawang Putih di Bojonegoro Mulai Turun

Bojonegoro (beritajatim.com) – Harga bawang putih di Pasar Kota Kabupaten Bojonegoro mulai mengalami penurunan. Turunnya harga bawang putih yang sempat menembus angka Rp55 ribu perkilogram itu terjadi berangsur cepat.

Harga bawang putih mulai turun sejak seminggu belakangan ini. Turunnya harga bawang putih itu setelah pemerintah menggelontorkan stok bawang impor. Saat ini harga di pasar kota Bojonegoro antara Rp35 ribu hingga Rp40 ribu perkilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Kota Munawaroh mengatakan, tiga hari lalu harga bawang putih masih dikisaran Rp40 ribu perkilogram. Perhari ini kemudian turun lagi menjadi Rp33 ribu.

“Karena ada stok dari Surabaya yang baru turun, harga langsung turun,” ujarnya, Senin (13/5/2019). Jika tidak ada impor bawang putih, kata dia, harga bawang putih diperkirakan tidak bisa turun.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bojonegoro Agus Haryana mengatakan, impor bawang merah yang dilakukan ini sesuai dengan kebutuhan daerah. Sehingga, stabilitas harga bisa kembali stabil.

“Pasokan di Bojonegoro sekarang 200 ton perhari, perhari itu dari kebutuhan impor disuplai berapa kurang jelas,” katanya.

Namun, Agus mengatakan, adanya impor bawang putih sehingga langsung mempengaruhi harga. Perkilogram harga bawang putih untuk hari ini sudah turun dikisaran harga Rp35 ribu perkilogram. “Belum sampai operasi pasar sudah turun lagi,” katanya.

Sedangkan beberapa bahan kebutuhan dapur yang mengalami kenaikan harga agak tinggi yakni kacang tanah, perkilogram Rp22 ribu. Selain itu, kemiri juga mengalami kenaikan dari harga sebelumnya Rp35 ribu menjadi Rp42 ribu sampai Rp44 ribu.

“Stok kemiri ini karena didatangkan dari Medan, Flores, NTB dan Makassar,” ujar Munawaroh.

Harga tomat juga naik dari harga sebelumnya Rp7 ribu perkilogram, menjadi Rp10 ribu perkilogram. Harga telur dari Rp22 ribu menjadi Rp24 ribu perkilogram. Sedangkan untuk harga cabai masih stabil. Cabai Rawit, Rp15 ribu perkilogram. Cabai merah (Kompong) Rp35 ribu dan Cabai kriting Rp20 ribu perkilogram. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar