Ekbis

Operasi Pasar Bawang Putih

Harga Bawang di Wonokromo Turun Rp 45 Ribu Per Kg

Surabaya(beritajatim.com) – Melambungnya harga bawang putih hingga mencapai Rp 100 ribu per Kg pekan lalu membuat Kementrian Pertanian menggelar Operasi Pasar di pasar Wonokromo pada Jumat pagi (10/5/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Pasar Wonokromo dengan menggelontorkan sebanyak 12 ton bawang putih adalah untuk menjamin pasokan dan menstabilkan harga bawang putih selama bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2019/ 1440 H.

OP Bawang Putih yang dilakukan di Pasar Wonokromo saat ini dilakukan Direktorat Jenderal Hortikultura bekerjasama dengan Importir PT Bintang Alam Sukses. Targetnya harga di pasar retail paling tinggi Rp.30.000 hal ini juga yang membuat bawang putih saat OP dijual Rp 25.000/ kg.

Sejumlah pedagang di Pasar Wonokromo mengaku harga yang sebelumnya Rp 60 ribu per Kg, pagi ini turun menjadi Rp 45.000.

Yasid Taufik, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura menyampaikan berkomitmen dengan importir yang berada di Jawa Timur untuk terus mengelontorkan bawang putih khususnya pasar-pasar di Surabaya hingga harga paling tinggi Rp 30.000/kg sesuai dengan target yang ditetapkan Menteri Pertanian.

Dirjen Hortikultura, Suwandi menegaskan stok bawang putih selama bulan Ramadan tercukupi karena RIPH yang dikeluarkan secara keseluruhan telah mencapai 240.000 ton sedangkan bawang putih yang sudah diimpor sudah mencapai hampir 100.000 ton, sementara kebutuhan dalam negeri hanya 42.000 ton per bulan, sehingga dengan masuknya bawang putih sebanyak 100.000 ton sudah dapat mencukupi kebutuhan 2 bulan kedepan termasuk menjamin pasokan di bulan suci ramadan sampai hari raya idul fitri.

“Kami selalu siap untuk terus bekerjasama dengan Kementerian Pertanian didalam memasok bawang putih di pasar pasar surabaya,” tandas Hendri, Owner PT Bintang Alam Sukses.

Sementara itu dijajaran OPD Jatim menyelenggarakan bazar pasar murah mulai minggu ke 2 sampai minggu ketiga, info salah salah satu petugas distan.[rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar