Ekbis

Hadir Untuk Negeri, Lima BUMN Santuni 1.000 Anak Yatim di Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai bentuk kepedulian dan juga untuk berbagi kebahagiaan di Bulan Suci Ramadan, Kementerian BUMN melalui program BUMN Hadir Untuk Negeri (BUHN) menggelar Safari Ramadan bersama anak-anak yatim dan panti asuhan melalui buka puasa bersama.

Buka puasa bersama tersebut bertempat di komplek Pondok Pesantren Manbail Huda, Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Dalam acara tersebut perusahaan BUMN memberikan santunan kepada anak yatim dan  berbagai bantuan untuk masyarakat di wilayah setempat, Jumat (24/5/2019).

Pelaksanaan Safari Ramadan yang berlangsung di Tuban ini merupakan sinergi dari lima BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN. Yakni PT Pertamina (Persero), PT Industri Kereta Api (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT PN XI dan PT Waskita Karya (Persero).

“Kegiatan ini merupakan program BUMN hadir untuk negeri, karena ini bertepatan dengan bulan Ramadan, maka kita lakukan dengan Safari Ramadan. Kegiatan seperti ini tidak hanya di Tuban, tetapi seluruh Indonesia dan ini dilaksanakan di 34 provinsi berkerja sama dengan perusahaan BUMN,” terang Mahmud Husen, Kepala Bidang PISM I Kementerian BUMN yang hadir dalam kegiatan itu.

Pelaksanaan Safari Ramadan di Kecamatan Jenu, yang dikoordinatori oleh PT Pertamina (Persero) tersebut memberikan santunan sebanyak 1.000 anak yatim dengan total anggaran Rp 350 juta. Serta bantuan untuk sarana prasarana pondok pesantren, bantuan 1.000 Alquran dan pemberian bantuan beasiswa terhadap pelajar di wilayah tersebut.

“Selain itu juga diberikan bantuan elektrifikasi 50 titik dan MCK 50 pintu, bantuan penyediaan sarana air bersih di dua titik, kemudian perbaikan rumah karyawan dan masyarakat. Total bantuan yang diberikan oleh lima BUMN ini lebih dari dua miliar rupiah,” tambahnya.

Selanjutnya, perusahaan BUMN dalam program tersebut akan mengadakan pasar murah sembako yang rencananya berlangsung di Kecamatan Jenu, pada Sabtu (25/5/2019). Dalam kegiatan itu akan disediakan 1.000 paket sembako murah yang masing-masing senilai sekitar Rp 247 ribu dan hanya dijual dengan harga Rp 30 ribu.

“Pertamina selaku koordinator bersama 4 BUMN lainnya yakni PT Industri Kereta Api (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PT PN XI, dan PT Waskita Karya (Persero) senantiasa berkomitmen untuk terus menjalankan perannya di masing-masing bidang usaha. Selain itu juga senantiasa berkomitmen dengan memberikan peran nyata untuk ikut meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Provinsi Jawa Timur,” ujar Amir H. Siagian, SVP Project Execution Direktorat Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia PT Pertamina (Persero). [mut/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar