Ekbis

Gojek Hasilkan Rp 2,2 Triliun Setahun untuk Mitra Surabaya dan Sekitarnya

Surabaya (beritajatim.com) – Gojek memberikan kontribusi hingga Rp 2,2 triliun untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya. Perhitungan ini dari hasil penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) yang mencatat pendapatan mitra Gojek sepanjang tahun 2018 lalu.

“Kami mencatat pendapatan para mitra dari Gojek saja. Jadi pendapatan diluar Gojek tidak kami hitung. Dan hasilnya cukup tinggi, bahkan setiap mitra dalam sebulan mendapatkan penghasilan mendekati UMK Surabaya sendiri,” ujar Wakil Kepala LD FEB UI, Dr Paksi C.K. Walandouw, kepada media di Surabaya, Jumat (25/5/2019).

Dikatakan, perputaran pendapatan paling besar untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya adalah transaksi Go-Food sebanyak Rp 1,6 triliun, lalu Go-Car sebesar Rp 291 miliar dan Go-Ride sebesar Rp 253 miliar. Sedangkan produk Gojek yang kini tak kalah menariknya adalah Go-Life sebesar 69 miliar.

“Secara nasional, kontribusi mitra Gojek terhadap perekonomian nasional mencapai Rp44,2 triliun,” kata Paksi.

Dikatakan, sebagian besar mitra Gojek lebih memilih bekerja di transportasi online ini karena jam kerja yang fleksibel. 72 persen mitra Gojek mengatakan mereka lebih nyaman dengan Gojek karena bisa mengatur jam kerja sendiri hanya sedikit yang mengaku untuk mencari pekerjaan tambahan.

“Rata-rata pendapatan mitra Go Ride sebesar Rp 3,1 juta, mitra Go Car Rp 5,8 juta dan mitra Go Life sebesar Rp 4 juta. Gojek juga menjadi pintu masuk bagi UMKM Surabaya untuk meningkatkan pendapatannya,” akunya.[rea/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar