Ekbis

Gebyar Produk Pasar Daerah 2019 Hadir Lagi di Kota Surabaya

Surabaya (beritajatim.com) — Meriah. Pameran berbagai produk unggulan daerah kembali hadir di Mall City of Tomorrow Surabaya, Jumat (5/7/2019). Pameran yang diwadahi oleh PT Aira Mitra Media itu tergabung dalam rentetan acara School Kidz Fest, dan diadakan 4-7 Juli 2019.

Ini merupakan kali ke-10 diadakannya Gebyar Produk Pasar Daerah (GPPD). Tujuannya adalah untuk mempromosikan berbagai produk unggulan terbaik dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Banten, Aceh, Riau, Bangka Belitung, Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, NTB dan Papua.

“Tidak semua kota kita hadirkan. Kita prioritaskan yang peluang bisnisnya paling besar, kita pengen menunjukkan macam-macam produk buatan lokal,” ujar Imma Safira, SE (50), ketua penyelenggara acara.

Setiap tahun GPPD selalu hadir dengan hal-hal baru. Produk yang dipamerkan pun beragam, mulai dari produk makanan, obat-obatan, tekstil, literatur hingga kerajinan tangan.

“Dan kita ada banyak yang dipamerkan, ya. Ada baju, buku, obat, tapi yang paling utama sih makanan ya. Banyak yang unik dan beda-beda. Tergantung potensi daerahnya apa,” tambahnya.

Selain mempromosikan produk unggulan, acara ini juga mengusung Misi Dagang Nasional. Yaitu strategi memasarkan produk-produk daerah untuk dikirim ke seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.

Contohnya seperti kopra, bahan utama pembuat minyak kelapa yang terbuat dari daging kelapa yang telah dikeringkan, menjadi produk terlaris yang dipamerkan hingga ke manca negara.

Tidak hanya pameran produk olahan, acara tersebut juga dimeriahkan dengan berbagai lomba menarik untuk anak-anak, seperti lomba mewarnai, lomba putri kacamata, lomba foto, dan lomba tari tradisional. Harapannya agar anak-anak dapat menyalurkan bakat sekaligus mengenal budaya daerahnya masing-masing.

Imma mengaku senang, dengan begini setiap pedagang dan pengrajin daerah akan terpacu untuk terus berinovasi. Sehingga produk lokal tidak kalah dengan produk impor. Pihaknya juga berharap agar tahun depan akan lebih semarak dengan hadirnya lebih banyak daerah. [ddn/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar