Ekbis

Emil Tantang Anggota Asperapi Buat Pameran Milenial

Surabaya (beritajatim.com) – Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak menghadiri penutupan Musda ke-VIII Asperapi Jawa Timur di Grand City Convex (Kamis, 2/5/2019). Wakil Gubernur yang dikenal cerdas dan mempunyai kepudian yang tinggi terhadap industri kreatif, menyambut antusias paparan Ketua Umum DPP Asperapi, Hosea Andre Rungkat, tentang masuknya Kota Surabaya sebagai salah satu dari 7 Destinasi MICE Indonesia.

Bahkan Hosea yang akan pergi ke Jerman menghadiri event Mice International, juga akan mempromosikan Kota Surabaya dan Jawa Timur sebagai Kota Wisata MICE dengan fasilitas yang memadai. Saat giliran memberikan sambutan penutupan, Wagub Jatim Emil Dardak langsung minta ditayangkan lagi slide tentang peringkat 2 Kota Distinasi MICE, yaitu Bali dan Jakarta. Bupati Treanggalek itu langsung mengkritisi pemeringkatan itu.

“Kalau Bali kita sudah mahfum, karena fasiltasnya memadai dan kunjungan wisatawannya juga tak tertandingi. Namun kalau DKI Jakarta sebagai peringkat pertama, saya masih meragukan. Mengingat setiap mendapatkan undang event pameran dan konvensi di Jakarta, ternyata banyak yang berlangsung di Tangerang dan Banten. Ke depan, Surabaya juga akan terkoneksi dengan wilayah Sidoarjo dan Gresik. Jumlah fasilitas dan event kalau digabung, mungkin bisa lebih besar dari data yang ada,” jelas Emil.

Suami Arumi Bachsin ini melalui pengurus DPP Asperapi juga menjamin, apabila menggelar event di Surabaya dipastikan pengunjungnya tidak hanya dari Surabaya, melainkan banyak dari luar Surabaya. “Sekarang untuk datang ke Surabaya orang dari Solo, Jawa Tengah bisa pulang pergi. Belum dari Malang hang hanya satu jam, begitu juga dari aran Timur Probolinggo. Ini setelah adanya jalan Tol yang memungkinkan para pengunjung pameran dari luar Surabaya bisa berkunjung melihat pameran,” tambah Emil.

Emil memberi tantangan kepada kepengurusan DPD Asperapi Jatim, agar mau bekerja keras dan terus berkreasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Dalam waktu dekat, kita akan bangun kawasan industri MICE di Pulau Madura. Mengingat gedung pameran yang ada di Surabaya sudah full booking setiap akhir pekan. Saya minta dukungan dari teman-teman Asperapi, guna mewujudkan ide Gubwernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Serta kelak secara aktif membuat pameran,” kata Emil.

Di akhir sambutannya, Emil Dardak mengajak kepada Pengurus DPD Asperapi Jatim, agar mulai memikirkan situasi kekenian di eran milenial. “Pameran atau konvensi pada era industri 4.0 apakah masih dibutuhkan? Atau harus membuat pameran sesuai kebutuhan era milenial,” pungkas Emil. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar