Ekbis

E-learning Digital, Solusi untuk Penilaian Karyawan Milenials

Surabaya (beritajatim.com) – Saatnya perusahaan memiliki sistem pengembangan karyawan melalui sistem e-learning digital. Tujuannya untuk mempercepat proses peningkatan kompetensi karyawan dan memudahkan penilaian kinerja bagi perusahaan terutama dalam promosi jabatan.

Hal ini diungkapkan Edi Priyanto, Senior Manager Pelayanan SDM dan HSSE Pelindo III, saat menjadi pembicara dalam seminar Customer Gathering PPM Manajemen Surabaya 2019 dengan tema ‘Shaping a Digital Learning Culture’ di Hotel Bumi Surabaya, Rabu (3/7/2019).

“Sebuah perusahaan dengan karyawan yang banyak membutuhkan edukasi yang cepat agar semua karyawan mengetahui tentang perkembangan bisnis perusahaan. Salah satunya dengan e-learning digital dan di Pelindo III kami sudah punya sistemnya yakni My Pelindo,” jelas Edi.

Edi mengakui proses edukasi terhadap karyawan di Pelindo III agak sedikit berbeda, sebab 45 persen karyawan adalah kaum milenial yang tak mau menghabiskan waktu mereka hanya mengikuti pelatihan konvensional. Sehingga mereka lebih memiliki cara digital untuk mengikuti pelatihan yang ditawarkan manajemen Pelindo III.

“Ini seperti gayung bersambut, kami punya sistemnya dan karyawab kami kebanyak milenial jadi mereka cukup antusias menjalani berbagai sesi pelatihan dan tambahan kompetensi via digital. Keduanya harus sejalan, karena kendala utama e-learning digital tak berjalan adalah karyawan tidak mampu memaksimalkan sistem yang sudah disediakan perusahaan,” akunya.

E-learning digital ini juga digunakan sebagai assasement karyawan. Dan untuk sertifikasi karyawan, Pelindo III pun bekerjasama dengan PPM Manajemen. Dimana PPM Manajemen sudah teruji kehandalannya dalam melakukan e-learning.

“Bahkan sistem ini tak hanya kami terapkan di Pelindo III tetapi kedepan kami akan menerapkannya untuk karyawan 6 anak perusahaan Pelindo III. Jika dulu karyawan Pelindo III saja yang bisa ditugaskan di anak perusahaan maka kini karyawan anak perusahaan pun bisa mengisi jabatan penting di Pelindo III pusat. Dengan sistem My PDS ini akan membuat kinerja karyawan semakin kompetitif,” tandasnya. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar