Ekbis

Cerutu Jember Tembus Eropa

Jember (beritajatim.com) – Kabupaten Jember, Jawa Timur, tak hanya menjadi produsen tembakau. Produksi cerutu dari kota ini kini menembus pasar internasional.

Cerutu itu diproduksi PT Boss Image Nusantara (PT BIN). “Pasar nasional kami sudah menembus kurang lebih 60 persen dari seluruh provinsi yang ada di Indonesia dari Aceh sampai Papua,” kata Komisaris PT BIN Agusta Jaka Purwana, dalam peresmian pabrik cerutu PT BIN di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (23/11/2019).

Setiap hari, PT BIN memproduksi dua ribu batang cerutu buatan tangan dan 800 ribu batang cerutu buatan mesin. Pasar internasional sudah menembus pasar dunia, di antaranya Turki, China, Yunani, Amerika, Prancis, Singapura, Thailand, Malaysia dan lainnya.

PT. Boss Imange Nusantara mulai beroperasi sejak 2014 yang bergerak dalam bidang penanaman tembakau, pemrosesan, dan pembuatan cerutu. “Ke depan kami sangat berharap bahwa keberadaan PT. BIN ini akan dapat membantu menggerakkan perekonomian daerah Jember pada khususnya dan masyarakat Jawa Timur pada umumnya,” kata Agusta.

“Dengan semakin berkembangnya PT. BIN tentu akan melibatkan banyak partisipasi masyarakat, baik masyarakat umum, pemerhati, akademisi yang terlibat. Penyerapan tenaga kerja otomatis sangat semakin besar sehingga dapat mengurangi angka pengangguran masyarakat dan kemiskinan yang ada di sekitar lokasi pabrik maupun lapangan,” tambah Agusta. [wir/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar