Ekbis

Bupati Tuban Panen Kerapu Hasil Budidaya Keramba Apung di Laut

Tuban (beritajatim.com) – Bupati Tuban Fathul Huda bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Tuban meninjau dan melakukan panen Ikan Kerapu Macan milik kelompok budidaya ikan kerapu binaan Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Tuban di Desa Bancar, Kecamatan Bancar.

Keberadaan budidaya Ikan Kerapu Macam tersebut berada di lepas laut dengan cara menggunakan keramba terapung yang dikelola secara kelompok oleh para nelayan. Dalam kesempatan tersebut Bupati Tuban berencana akan mengembangkan budidaya ikan kerapu itu jika dinilai bisa memberikan keuntungan bagi para nelayan binaan, Kamis (26/12/2019).

“Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui secara langsung hasil budidaya ikan kerapu dari sisi ekonomi. Selain itu, juga kontribusinya di masyarakat di Kabupaten Tuban. Sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama nelayan,” terang Fathul Huda, Bupati Tuban setelah kegiatan panen itu.

Bupati Huda menerangkan bahwa pihak Pemkab Tuban akan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan budidaya ikan kerapu macan ini. Yakni akan dihitung nilai ekonomisnya, jugu dipertimbangkan potensi dan keberlangsungan (sustainable) budidaya ikan kerapu macan itu sendiri.

Lebih lanjut, Bupati dua periode itu menegaskan dalam melakukan budidaya itu perlu diperhatikan terkait biaya produksi, total penjualan, dan omzet dari nelayan yang mengikuti program tersebut. Sehingga dapat diketahui apakah program itu berhasil atau tidak.

“Jika memang memungkinkan, akan dikembangkan dengan 10 keramba lagi. Sehingga kedepannya dapat dilakukan panen setiap satu bulan sekali,” ungkapnya.

Adapun untuk melakukan panen kerapu itu, Bupati Tuban didampingi istri, Komandan Kodim 0811 Tuban, Kepala Diskanak Kabupaten Tuban harus menggunakan kapal guna menuju lokasi keramba di lepas pantai. Setelah melakukan penan itu, selanjutnya Bupati Tuban melakukan penebaran benih di keramba apung lainnya.

Sementara itu, M Amenan selaku Kepala Diskanak Tuban, menerangkan kegiatan panen Ikan Kerapu Macan telah dilakukan sebanyak 4 kali, dengan bobot satu ikan mencapai 700 gram. Kelompok binaan Diskanak Tuban telah memiliki 5 keramba dan masing-masing keramba terdiri dari 8 kotak budidaya dengan sebaran benih sekitar 3.500 sampai 4.000 benih.

“Untuk harga jual ikan tersebut mencapai Rp 85 ribu per kilogram, maka mereka akan diperoleh pendapatan bersih sekitar Rp 45 juta sampai Rp 50 juta. Per bulan akan memperoleh pendapatan sekitar Rp 9 juta. Dapat dikatakan budidaya ini sangat menguntungkan,” ungkap M Amenan, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban. [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar