Ekbis

Bosch Indonesia Tertarik Sektor Pertanian

Surabaya (beritajatim.com) – Ceritech dan Unafeed berhasil memenangkan kompetisi pengembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia, yang bertajuk ‘Bosch IoT Hackathon 2019. Para juri dari Bosch dan praktisi kebingungan menentukan satu pemenang karena keduanya punya nilai yang sama. Uniknya Ceritech dan Unafeed justru sebuah produk IoT yang berbasis dunia pangan.

Ceritech merupakan sistem IoT yang mampu memantau dan mengontrol proses fermentasi dan pengeringan pada kopi. Sehingga kopi tanah air memiliki cita rasa yang tinggi dan tetap stabil. Sedangkan Unafeed membuat alat yang mampu mengatur pemberian pakan ikan Sidat untuk dijual ke Jepang dan China.

Tak hanya kedua pemenang saja, Bosch memgundang 5 kelompok finalis untuk mempresentasikan karya mereka. Salah satunya adalah SIA merupakan program untuk memgukur suhu dalam kontainer hingga mengukur performa truk.

“Nanti sama dewan Tujuan kompetisi ini adalah menumbuhkan, mempromosikan dan mendukung inovasi anak-anak muda yang cerdas digital dengan menantang mereka untuk mengembangkan solusi IoT menggunakan Bosch XDK,” jelas Andrew Powell, Managing Firector Bosch di Indonesia.

Bosch berupaya menemukan solusi IoT lokal baru di bidang smart manufacturing, smart mobility, smart cities, smart agriculture atau aquaculture, serta solusi yang membawa dampak positif bagi lingkungan dan sosial.

Dengan lebih dari 140 juta pengguna internet, pasar IoT di Indonesia diperkirakan bernilai USD 30 miliar (Rp 444 triliun) pada 2022. IoT sendiri merupakan salah satu kemajuan teknologi kunci guna mendukung implementasi industri 4.0 di Indonesia; sebuah inisiatif untuk membantu mewujudkan visi negara dalam menjadi salah satu dari sepuluh besar ekonomi di tingkat global.

Bosch menyelenggarakan IoT Hackathon 2019 bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Asosiasi IoT Indonesia, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung.

Sejak Mei hingga Agustus 2019, Bosch menjalankan rangkaian ‘Road to Hackathon’ di Surabaya, Jakarta, dan Bandung untuk membahas berbagai topik, seperti smart manufacturing, smart mobility, dan smart city. Tujuannya agar para kalangan muda dan mahasiswa mendapatkan wawasan tentang tantangan yang saat ini dihadapi Indonesia dalam bidang IoT.

Pada September lalu, sepuluh tim finalis telah dipilih dari sekian banyak ajuan proposal yang terdaftar. Untuk menguatkan dan memvalidasi ide-ide awal mereka, seluruh tim ditugaskan melakukan wawancara dengan calon pelanggan. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar