Ekbis

Bojonegoro Anggarkan Rp 15 Miliar untuk Kartu Petani Mandiri

Bojonegoro (beritajatim.com) – Pemerintah Kabupaten Bojonegoro menganggarkan dana sebesar Rp15 miliar tahun 2019 untuk program Kartu Petani Mandiri (KPM).

Kepala Bidang Penyuluhan, Dinas Pertanian Pemkab Bojonegoro Senthot Susena mengatakan, KPM ini akan diberikan kepada petani yang tergabung dalam kelompok tani.

Selain itu, petani penerima KPM yang menjadi janji politik Anna Mu’awanah ini syaratnya bukan merupakan buruh tani, dan minimal memiliki sawah seluas dua hektar.

Data di Dinas Pertanian menyebutkan, jumlah kelompok petani yang ada di Kabupaten Bojonegoro sekarang ini sebanyak 1.548 kelompok. Sementara petaninya berjumlah 219.000.

“Pemegang KPM akan mendapatkan manfaat seperti bantuan modal, asuransi, dan pelatihan pasca panen. Namun melalui kelompok masing-masing,” ujarnya, Selasa (30/4/2019).

Saat ini, program KPM belum dilaksanakan karena masih tahap sosialisasi di tingkat desa. Sementara, Dinas Pertanian juga melakukan cetak kartu bagi 20.000 petani yang akan mendapatkan program.

“Cetak kartunya dianggarkan Rp150 juta,” tandasnya.

Dinas Pertanian tidak bisa menentukan, jumlah bantuan yang akan diberikan pada kelompok tani karena tergantung jumlah luas lahan dan jumlah kelompok sesuai pengajuan.

“KPM ini sudah ada regulasinya, yakni Perbup No 48 Tahun 2018 tentang program petani mandiri,” tegasnya.

Salah seorang petani dari Kelompok Tani Gangsar, Desa Kedungarum, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, Parlan mengatakan saat ini kelompok taninya belum mendapat sosialisasi maupun KPM sesuai dengan janji politik Bupati.

Di kelompok tani Gangsar ini jumlah anggota tani sebanyak 224 petani. Dia mengakui, jika di area pertanian Desa Kedungarum ini rawan terdampak bencana alam, khususnya banjir luapan Sungai Bengawan Solo. Khususnya saat hendak panen pada bulan Januari-Februari.

“Belum dapat (KPM). Cuma saya dengar dari tim sukses (timses) Bu Anna dulu akan dapat sesuai dengan data yang diminta oleh timses dulu,” ungkapnya. [lus/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar