Ekbis

BI Kediri Resmikan QR Code di Masjid Agung

Kediri (beritajatim.com) – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw) BI Kediri meresmikan QR Code Donasi Sosial yang ditandai dengan scan QR Code. Kegiatan berlangsung di Aula Masjid Agung, Kota Kediri, Selasa (19/11/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan bersama oleh Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengolahan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPw BI Kediri, Nasrullah bersama Ketua Takmir Masjid Agung Kota Kediri Syamsiar, Ketua Dewan Masjid Indonesia Kota Kediri, Abu Bakar Abdul Jalil (Gus Ab), Branch Area Manager IV Jatim PT. Bank CIMB Niaga lbu Elyanawazi Jinawan.

“Alhamdulillah di Kota Kediri sebagian sudah menggunakannya, tidak hanya masjid, tapi juga ada rumah ibadah yang lain, seperti, gereja,” kata Nasrullah.

Di wilayah kerja KPw BI Kediri, program elektronifikasi transaksi non tunai yang telah dilaksanakan adalah elektroniflkasi transaksi Pemerintah Daerah, pembayaran di jalan tol, penyaluran bantuan sosial pemerintah.

Masih banyak potensi transaksi keuangan dilakukan secara non tunai yakni eleknonifikasi donasi sosial di rumah ibadah (Masjid, Gereja, Vihara, Pura), Iembaga amil zakat, infak, Shodaqoh dan transaksi non tunai di Lingkungan pondok pesantren.

“Manfaatnya agar rumah-rumah ibadah itu juga dipercaya oleh jama’ah dan mereka tidak ragu lagi memberikan infaq dan sedekahnya kepada masjid untuk kepentingan sosial, melalui kecanggihan atau kemajuan teknologi di transaksi keuangan yang juga diikuti oleh rumah-rumah ibadah,” jelasnya.

Pentingnya Elektronifikasi Rumah Ibadah (ERI) disebabkan masih dntemui penggunaan uang tunai yang berputar di rumah ibadah cukup tinggi dan adanya peluang untuk meningkatkan kemudahan akses pembayaran melalui kanal pembayaran non tunai. Melalui E-RI, pengelolaan donasi menjadi Iebih transparan dan akuntabel, dan masyarakat juga memiliki pilihan metode transaksi dalam berdonasi secara tunai (uang kenas dan logam) maupun non lunai.

Peresmian QR Code Donasi sosial merupakan tindak lanjut dari peluncuran QRIS oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo pada 17 Agustus 2019 dan acara pemecahan Rekor Muri oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur di Surabaya tanggal 9 November 2019.

Keberadaan QRlS atau transaksi pembayaran melalui QR Code diharapkan dapat memenuhi kebutuhan kemudahan transaksi pembayaran non tunai dari level makro sampai level mikro, dan bersifat inklusif karena dapat diakses oleh masyarakat yang telah terhubung dengan perbankan (banked people) maupun yang belum memiliki akses tersebut (unbanked people).

Pembayaran transaksi mela|ui QR Code telah banyak digunakan di sekitar kita, muIai dari transaksi retail, sarana umum, hingga pembenan donasi sosial. Untuk saat ini, aplikasi yang telah terhubung dengan QRIS antara lain, Bank Sinarmas, OVO,GOPAY, Link Aja!, Shopee Pay, DANA, Permata Bank, CIMB NIAGA, Danamon, NOBU National Bank, Bank DKI, Telkom Indonesia, Maybank dan BANK MEGA. [nng/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar