Ekbis

Besok, Uji Rute Baru Penerbangan Perintis Sumenep – Pulau Pagerungan

Bandara Trunojoyo Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Sumenep bakal punya rute baru untuk penerbangan perintis, yakni Sumenep – Pulau Pagerungan. Rencananya, Rabu (18/9/2019) akan dilakukan uji rute baru tersebut.

“Penerbangan ke Pulau Pagerungan itu dilayani maskapai Susi Air dengan pesawat berkapasitas 10 penumpang,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Selasa (17/9/2019).

Ia menjelaskan, penerbangan perintis ke Pulau Pagerungan itu bisa dilaksanakan setelah turun Keputusan Menteri Perhubungan pada awal September 2019 tentang perubahan status Bandara Pagerungan, dari bandara khusus menjadi bandara umum.

“Secara teknis, Bandara Pagerungan sudah siap didarati pesawat perintis. Hanya saja memang ada fasilitas yang harus ditambahkan setelah bandara berubah status menjadi bandara umum, misalnya terminal penumpang,” terangnya.

Terminal penumpang di Bandara Pagerungan berupa ‘countainer’ yang ‘disulap’ menjadi ruang transit bagi para calon penumpang pesawat perintis. Terminal dari ‘countainer’ itu mampu menampung sekitar 15 orang.

Terminal penumpang berupa ‘countainer’ itu diletakkan di luar pagar wilayah operasional Kangean Energy Indonesia (KEI). Lahan yang digunakan untuk terminal tersebut merupakan lahan milik warga setempat, seluas 48 meter persegi.

“Jadi nanti dari terminal ini, penumpang akan diangkut kendaraan yang sudah disiapkan, untuk masuk ke ‘hanggar’ pesawat,” ujar Indra.

Bandara Pagerungan di Pulau Pagerungan, Kecamatan Sapeken, Sumenep merupakan bandara yang dikelola oleh salah satu kontraktor kontrak kerja sama (K3S) migas, yakni Kangean Energy Indonesia (KEI). Selama ini, bandara tersebut hanya dipergunakan untuk kepentingan dan kelancaran operasional perusahaan tersebut.

“Dengan penerbangan ke Pulau Pagerungan, diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh warga kepulauan. Artinya ada alternatif transportasi untuk menuju kepulauan, tidak hanya dengan kapal laut,” ucap Indra. [tem/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar