Ekbis

Besok, Naik Kereta Pandanwangi Gratis

KA Pandanwangi

Banyuwangi (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) memberlakukan tiket dengan tarif Rp0,- alias gratis untuk KA Lokal pada hari Sabtu, (13/4/2019). Langkah ini diambil dalam rangka memperingati HUT ke-21 Kementerian BUMN.

“Ini sekaligus meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kereta api serta , mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan moda transportasi umum ketika bepergian ataupun berkativitas sehari-hari,” jelas Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Luqman Arief.

Menurutnya, masyarakat bisa mendapatkan tiket KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go-show (hari H). Setiap calon penumpang dapat membeli maksimal 1 tiket kecuali membawa anak usia dibawah sepuluh tahun dan lansia.

“Kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimum masing-masing kereta api. Untuk masyarakat yang telah membeli tiket jauh-jauh hari dengan tarif normal, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal 3 (tiga) hari sejak kedatangan KA,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kata Luqman, KA lokal di Daop 9 jember, yaitu KA Pandanwangi. Dalam sehari berjumlah 4 kali perjalanan, terdiri dari 2 kali berangkat dari Stasiun Jember pada jam 05.15 dan 15.30 WIB dan berangkat dari Stasiun Banyuwangi baru pada jam 10.00 dan 20.30 WIB.

“Rangkaian KA Pandanwangi terdiri dari 6 kereta kelas ekonomi dengan Total berjumlah 636 tempat duduk. Dan sesuai dengan peraturan yang berlaku, untuk KA lokal kapasitas angkut adalah 150% dari jumlah tempat duduk,” pungkasnya. (rin/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar