Ekbis

BBPP Berharap Petani Jababara Beralih ke Bibit Hibrida

Sampang (beritajatim.com) – Balai Besar Penyuluhan Pertanian (BBPP) Ketindan Jatim dan Dinas Pertanian Kabupaten Sampang, melakukan bimbingan teknis budidaya jagung, cabai, dan bawang merah (Jababara) di Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Torjun, Kamis (21/3/2019).

Bimbingan teknis tersebut diikuti oleh 90 petani se-Kabupaten Sampang. Mereka terdiri dari pengurus Kelompok Tani (Poktan) maupun anggota sesuai bidang masing-masing diantaranya petani jagung, petani cabai, dan petani bawang merah.

Kegiatan ini bermaksud memberikan pencerahan kepada petani serta meningkatkan pengetahuan dan tehnik keterampilan. Khususnya dalam menanam dan membudidaya jagung, cabai dan bawang merah.

Mengingat, kata Plt Dinas Pertanian dan Peternakan (Disperta) Sampang Suyono, dalam kurun waktu satu tahun tanaman jagung yang ada keseluruhan sekitar 54.000 hektar. Dari kian tanaman itu diketahui mayoritas varietas lokal.

“Petani lebih banyak menggunakan bibit lokal. Jadi kedepannya, dengan bimbingan ini petani beralih gunakan hibrida,” jelasnya.

Dengan kegiatan ini mereka diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil panennya melalui bimbingan tehnik cara menanam jagung, cabai, dan bawang merah. Sisi lain, petani mengetahui potensi struktur tanah supaya produksinya meningkat dan memiliki nilai tambah.

“Kami berharap kepada petugas ataupun penyuluh pertanian dapat membina petani, melakukan bimbingan secara berjenjang supaya hasilnya lebih memuaskan dan menambah pendapatan. Sehingga kehidupan petani semakin sejahtera,” tandasnya. [sar/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar