Ekbis

Batik Tulis dan Produk UMKM Pamekasan Dipamerkan di Tanzania

Pamekasan (beritajatim.com) – Salah satu pengusaha batik Pamekasan, Dian Hendriani mempromosikan batik tulis hingga hasil Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) asal Bumi Gerbang Salam, pada pameran batik internasional di Saba-Saba, Tanzania.

Pagelaran yang berlangsung selama dua pekan kedepan, terhitung sejak Minggu (7/7/2019) hingga Minggu (21/7/2019) mendatang. Acara itu digelar berkat kerjasama pemkab Pamekasan bersama Keduataan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tanzania, Afrika.

Dalam kesempatan tersebut, jenis batik yang dipromosikan berupa puluhan lembaran hingga ratusan kemeja batik beserta hasil UMKM produk warga Pamekasan. “Batik yang kami bawa sekitar 60 lembar batik lembaran (Samper: Madura) dan sekitar 130 buah kemeja batik,” kata Dian Hendriani, Selasa (9/7/2019).

Selain batik, ia juga mempromosikan sejumlah produk hasil UMKM warga Pamekasan. Di antaranya jamu tradisional, rengginang, kopi rempah, kopi mangrove serta beberapa produk lainnya. “Jadi selain batik, kami juga membawa produk hasil UMKM masyarakat Pamekasan untuk dipromosikan di Tanzania,” ungkapnya.

Disinggung soal informasi dukungan pemkab Pamekasan yang hanya sekedar menitipkan banner, ia membenarkan informasi tersebut. Bahkan dirinya juga harus mengeluarkan kocek pribadi hingga mencapai angka sebesar Rp 18 juta.

Namun dirinya mengaku senang sekalipun harus mengeluarkan biaya sendiri, terlebih hal tersebut merupakan momentum tepat bagi dirinya termasuk mempromosikan batik hingga produk hasil UMKM warga Pamekasan. “Memang pemkab menitip banner untuk dicetak di Tanzania, termasuk juga biat perlengkapan buat pameran produk Pamekasan,” jelasnya.

“Tiket dan semua biaya lainnya kami tanggung sendiri tanpa support dari pihak manapun, tapi kami cukup bahagia dan berterima kasih kepada pemkab Pamekasa, karena semua urusan administrasi didukung penuh oleh pemkab,” tegasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menyampaikan terima kasih secara khusus kepada Bupati Badrut Tamam, yang memberikan dukungan moral secara penuh. “Kami juga sangat berterima kasih atas dukungan bapak bupati, berupa surat untuk kedutaan dan hadiah batik untuk Bapak Dubes,” pungkasnya. [pin/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar