Ekbis

Bakso Pak Satuman, Kuliner Aneka Jenis Bakso di Tulangan

Sidoarjo (beritajatim.com) – Makanan bakso hampir tidak sulit di jumpahi di daerah manapun di seluruh Indonesia. Kini, sejumlah pedagang makanan berkaldu itu terus berinovasi dengan menciptakan banyak menu-menu bakso baru.

Bakso merupakan makanan yang tidak membosankan, apalagi dinikmati saat musim penghujan seperti sekarang ini. Di Desa Kepatihan, Kecamatan Tulangan, terdapat penjual bakso bernama Bakso Pak Satuman.

Warung bakso tersebut terlihat seperti menjual bakso pada umumnya. Namun, ada yang unik, yakni jenis pentol bakso yang disajikan bermacam-macam namanya. Pembeli dipersilahkan memilih pentol, gorengan dan bumbu bakso yang disuka, dengan model prasmanan.

Bakso Pak Satuman identik dengan pentolnya yang berbagai macam jenis. Yakni ada 12 macam jenis pentol. Diantaranya pentol isi keju, mercon, telur, bakso urat, kerikil, ranjau, jamur, jagung dan lain-lain.

Satuman (58) mengatakan, usaha jualan bakso ini dirintis sejak tahun 1986 silam. Dimulai dengan gerobak yang didorong dari kampung ke kampung di wilayah Kecamatan Tulangan dan lainnya.

Berkat usaha kerasnya kini warung baksonya memiliki cabang di tempat lain seperti di Tulangan, Perumahan Taman Jenggala Larangan, Candi, di Tanggulangin, Gelam, dan di stand Transmart Sidoarjo. “Sejak 1986, perlahan usaha bakso itu saya tekuni dan saya syukuri. Alhamdulillah bisa mengumpulkan uang untuk membeli bedak. Saat itu yang kami sajikan hanya satu varian saja,” katanya Sabtu (12/1/2019).

Untuk memasak kuah maupun kaldu bakso, dirinya berusaha untuk bisanya menjadi sedap serta lezat. Rasa baksonya juga sangat terasa dan enak, karena terbuat dari 100% daging sapi. Rasanya baksonya juga mampu menggoyang lidah.

Untuk harga setiap porsi, dihargai sewajarnya, yakni kisaran Rp 12 ribu untuk baksonya saja. Jika porsi lengkap, tambah gorengan dan lainnya bisa mencapai Rp 15 ribu. “Ada juga yang membeli sampai habis Rp 25 ribu sampai lebih dari Rp 30 ribu, karena pilihan pentolnya macam-macam,” tambah Satuman.

Untuk sistem prasmanan, Satuman menjelaskan agar pembeli dapat menyiapkan baksonya sesuai selera dan dapat memilih jenis variannya. “Dengan prasmanan, pembeli bisa memilih selera pentol hingga puas,” imbuh dia.

Disingging soal omzet, Satuman mengaku setiap hari, mampu menghabiskan 3 sampai 4 kwintal daging sapi. “Setiap hari ramai pembeli, apalagi kalau hari libur, alhamdulillah pembelinya terus berdatangan,” jelas Satuman.

Salah satu pengunjung, Dwi Julianti (23) warga Sidokare Sidoarjo, mengaku sering datang ke warung bakso Pak Satuman. Menurut Dwi, rasa bakso Pak Satuman lezat sekali. “Kami bersama teman-teman sering datang ke warung ini. Selain rasanya mantap, bisa memilih macam-macam pentol sesuai keinginan,” kata Dwi. (isa/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar