Ekbis

Baznas Gresik Salurkan Dana ZIS 2018 Sebesar Rp 7,1 Miliar

Gresik (beritajatim.com) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gresik telah menyalurkan dana zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) sebesar Rp 7,1 miliar dari target 2018 yang mencapai Rp 7,4 miliar.

Ketua Baznas Gresik, Abdul Munif menuturkan, sampai saat ini sampai hari telah mengumpulkan dan menyalurkan dana Rp 7,1 miliar, atau sekitar 96 persen masih kurang Rp 400 juta. \\\”Dana ZIS sebesar Rp 7,1 miliar telah disalurlan kepada 463 orang,\\\” katanya, Selasa (11/12/2018).

Dalam penyaluran ZIS itu, Baznas Gresik bekerjasama dengan Baznas pusat, dan unit pengumpul zakat PT Semen Indonesia (persero) Tbk. \\\”Yang berhak menerima dana Baznas tersebut adalah para  Khufaddz, para guru anak berkebutuhan khusus (ABK) non PNS serta beasiswa murid SD, SMP dan SMA,\\\” ujar Abdul Munif.

Pendistribusian kali ini lanjut Abdul Munif, terbagi dalam beberapa program, yaitu program Gresik taqwa dengan menyalurkan kepada 107 orang khufads yang masing-masing menerima Rp 1 juta. Program Gresik Cerdas dengan memberikan insentip kepada 159 guru ABK/inklusi non PNS masing-masing menerima Rp 600 ribu.

Sedangkan pendistribusian yang bersinergi dengan Baznas pusat dan UPZ PT Semen Indonesia, Baznas Gresik membagikan beasiswa untuk 84 siswa SD masing-masing menerima Rp 400 ribu, 82 siswa SMP masing-masing Rp 500 ribu dan 31 siswa SMA/MA masing-masing Rp 600 ribu.

\\\”Insya Allah setelah masuknya dana bulan Desember 2018, maka target perolehan dana Baznas Gresik akan tercapai. Tahun depan, kami mentargetkan perolehan dana Baznas sebesar Rp 8,5 milliar. Hal ini sangat masuk akal seiring naiknya penghasilan masyarakat Gresik,\\\” ungkapnya.

Asisten Administrasi Umum Pemkab Gresik, Tursilowanto menyatakan pihaknya sangat mendukung pengumpulan dan penyaluran ZIS ini. \\\”Kami usulkan Baznas Gresik juga berkoordinasi dengan Kades untuk mengumpulkan ZIS dari Kades dan perangkat se-Kabupaten Gresik,\\\” pungkasnya. [dny/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar