Kamis, 15 Nopember 2018

EML Mulai Lakukan Pengeboran Sumur

Kandungan Minyak Diperkirakan 70 Juta Barel

Senin, 10 September 2018 09:40:54 WIB
Reporter : Temmy P.
Kandungan Minyak Diperkirakan 70 Juta Barel

Sumenep (beritajatim.com) - PT Energi Mineral Langgeng (EML) memulai kegiatan pengeboran sumur eksplorasi ENC - 02 di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep.

"Persiapan yang kami lakukan sekitar 3 bulan. Target kedalaman sumur eksplorasi ini direncanakan mencapai 9.800 kaki dan akan menembus beberapa jenis lapisan batuan," kata General Manager PT EML, Sopandi Tossin, Senin (10/09/2018).

Ia mengungkapkan, kegiatan pengeboran tersebut diharapkan dapat membuktikan keberadaan hidrokarbon yang ekonomis di perut bumi. "Kami memperkirakan besar sumber daya di sumur ini sekitar 70 juta barel minyak," terangnya.

PT EML merupakan salah satu kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang mempunyai wilayah operasi di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi. kegiatan pengeboran yang dilakukan KKKS ini merupakan satu-satunya pengeboran 'on shore' di Kabupaten Sumenep.

"EML ini perusahaan migas nasional yang murni dimiliki pribumi dan tidak ada kontaminasi modal dari luar. Bahkan 'rig' RDN 101  yang berdiri disini juga dimiliki pribumi yang merupakan warga Sumenep," ucap Sopandi.

Sementara Kepala Departemen Operasi SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Indra Zulkarnaen mengaku sangat menghargai PT EML yang bersedia berinvestasi di Sumenep. Saat ini karena masih dalam tahap eksplorasi, maka biaya dan resiko keseluruhan masih ditanggung PT EML.

"Semua biaya belum dikeluarkan pemerintah melalui SKK Migas. Semua biaya yang diinvestasikan disini merupakan biaya dari PT EML. Nanti akan dikembalikan oleh negara kalau sudah ditemukan cadangan migas yang ekonomis," terangnya.

Sementara Bupati Sumenep, A. Busyro Karim meminta agar SKK Migas dan EML selalu memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan kerja. "Tingkat resiko harus dikendalikan seminim mungkun. Keberhasilan eksplorasi ini adalah harapan kita bersama," tuturnya.

Bupati juga meminta agar masyarakat Desa Tanjung dan sekitarnya melakukan klarifikasi kepada pihak terkait apabila ada informasi atau isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita harus mendukung kelancaran dan kesuksesan eksplorasi migas disini. Insya Allah Desa Tanjung akan semakin tersanjung dengan keberhasilan ekplorasi migas sumur ENC-02 ini," tukasnya. [tem/suf]

Tag : eml skk migas

Komentar

?>