Senin, 17 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

Suka Duka Bekerja Lapangan Migas Off Shore (1)

Tiga Bulan Baru Pulang, Rasakan Pemilu di Tengah Laut

Jum'at, 17 Agustus 2018 15:07:00 WIB
Reporter : Ibnu F Wibowo
Tiga Bulan Baru Pulang, Rasakan Pemilu di Tengah Laut

Selat Madura (beritajatim.com) - Bekerja sebagai pelaut sebelumnya tidak pernah terbayangkan di benak Donald Rakiraung, Kapten SMS Prestige yang merupakan ulitity boat dari Husky-CNOOC Madura Ltd. (HCML) yang terletak di Selat Madura. Nasib membawa pria paruh baya itu menjadi pelaut yang harus jauh dari keluarga di Lampung.

"Jadi dulu karena ada kuota putra daerah dan gratis, maka saya kuliah di Politeknik Kelautan. Jadi kadet di kapal sejak 1994. Lalu berhasil jadi Kapten pada 2004," kata Kapten Donald, Jumat (17/8/2018).

Bekerja sebagai Kapten Utility Boat, menjadikan Donald harus sering menahan rindu kepada keluarga yang Ia tinggalkan di kampung halaman. "Sudah terbiasa dari dulu Mas. Sejak anak saya masih kecil-kecil hingga anak sulung saya mau lulus kuliah," jelasnya.

Sebagai pria yang bekerja di situs sumur gas lepas pantai, terlebih lagi Kapten Utility Boat yang harus senantiasa bersiaga, Kapten Donald baru bisa bertemu keluarga setiap 3 bulan sekali. "Karena bagi kami yang bekerja sebagai kru kapal off shore ini ada aturan 3-1. 3 bulan kerja, 1 bulan libur," tuturnya.

"Tapi kalau orang-orang produksi itu agak berbeda, mereka 2 minggu kerja lalu 2 minggu libur," tambah Kapten Donald.

Meski demikian, pria berambut cepak ini merasa bekerja di tengah laut memiliki keseruan tersendiri yang tidak bisa didapatkan dari tempat lain. "Seperti misalnya pemandangan matahari terbit dan terbenam dari tengah laut. Luar biasa indah itu," ujarnya.

"Lalu ketika momen-momen hari besar, kita yang sedang bertugas jadi kompak luar biasa. Karena ya di sini kita sama-sama. Belum lagi kalau Pemilu, dimana lagi bisa coblos-coblosan di tengah laut? Nggak semua orang bisa merasakan pengalaman itu," pungkas Kapten Donald.

Sebagai informasi, Lapangan BD Husky-CNOOC Madura Ltd. (HCML) terletak di tengah-tengah selat madura, sekitar 65 km dari Surabaya dan 16 km dari Madura. Fasilitas lapangan BD terdiri dari anjungan (wellhead platform), FPSO (Floating, Production, Storage and Offloading) di mana fasilitas gas processing di pasang dan Gas metering Station (GMS) yang terletak di Desa Semare, Pasuruan. [ifw/suf/bersambung]

Tag : hcml

Komentar

?>