Selasa, 16 Oktober 2018

PGN Saka Bangun Fasilitas Air Bersih di Ring Satu

Kamis, 02 Agustus 2018 16:25:30 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
PGN Saka Bangun Fasilitas Air Bersih di Ring Satu

Gresik (beritajatim.com) - Operator Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S) Migas PGN Saka Indonesia Limited bersama SKK Migas Jabanusa membangun fasilitas air bersih di wilayah ring satu. Tepatnya, di empat desa yakni Desa Pangkah Kulon, Pangkah Wetan, Ngimboh, dan Banyuurip, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik.

Dibangunnya fasilitas air bersih itu merupakan bentuk tanggungjawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Keberadaan fasilitas air tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus mendukung program pembangunan Pemkab Gresik. Termasuk pula dalam rangka mewujudkan program nasional yang lagi dicanangkan yaitu program 100-0-100 untuk Indonesia bersih dan sehat.

Purwanto Nugroho -Vice President Government Relations & Social Responsibility PGN SAKA dalam sambutan peresmian sarana dan prasarana air bersih menuturkan bahwa program 100-0-100 merujuk pada target 100 persen kemudahan mengakses air bersih. Lantas, 0 persen luas kawasan permukiman kumuh dan 100 persen lingkungan sanitasi yang layak dan sehat.

"SKK Migas dan PGN SAKA sangat peduli terhadap masyarakat sekitar wilayah operasinya. Sehingga, keberadaan kami diharapkan dapat membawa manfaat langsung dan betul-betul dirasakan oleh masyarakat sekitar. Kami juga siap mendukung program pemerintah dalam proyek-proyek pembangunan wilayah," ujar Purwanto, Jumat (4/08/2018).

Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menuturkan, sarana dan prasarana air bersih yang diresmikan tersebut berkapasitas 75.000 liter dan mampu menyalurkan air bersih ke 616 sambungan rumah tangga (SR) dengan total panjang pipa 12.200 meter di empat desa Kecamatan Ujungpangkah.

"Untuk selanjutnya, sarana dan prasarana air bersih tersebut dikelola oleh empat Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (HIPPAM) yang dipilih secara partisipatif di masing-masing desa," katanya.

Sementara, Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar mengatakan,
PGN-SAKA merupakan anak perusahaan dari Perusahaan Gas Negara (PGN) yang bergerak di sektor hulu minyak dan gas bumi. Sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang mengelola blok Pangkah di Kabupaten Gresik, SKK Migas-PGN SAKA selalu berkomitmen untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat sekitar wilayah operasi melalui program pembangunan yang berkelanjutan.

"Kami berharap keberadaan fasilitas air bersih ini dikelolah dan dijaga dengan baik serta bermanfaat terhadap masyarakat," tandasnya. [dny/but]

Tag : skk migas

Komentar

?>