Selasa, 23 Oktober 2018

Dari Lapangan Sukowati, Pertamina Asset 4 Target Produksi 8.000 Barel per Hari

Rabu, 18 Juli 2018 12:42:56 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Dari Lapangan Sukowati, Pertamina Asset 4 Target Produksi 8.000 Barel per Hari

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sebagai pengelola blok baru, PT Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati menarget bisa menambah jumlah produksinya.

Sebelumnya, WK Blok Tuban Lapangan Sukowati itu bisa memproduksi minyak dan gas bumi (migas) sebesar 6.700 barel perhari.

"Target kita produksi bisa mencapai 8.000 barel perhari, sekarang jumlah produksinya sudah dititik antara 7.700 barel perhari," ujar Field Manajer PT Pertamina EP Asset 4 Field Sukowati, Heri Aminanto, Rabu (18/7/2018).

Target kenaikan jumlah produksi itu akan dilakukan dengan cara memperbaiki sumur yang sudah ada di PAD A dan PAD B. Total, jumlah sumur migas yang dikelola Pertamina EP Asset 4 saat ini sebanyak 38 sumur. "Kita hanya memperbaiki sumur-sumur lama agar produksinya bisa tambah," jelasnya.

Sebagai operator baru yang menggantikan Joint Operating Body Pertamina PetroChina East Java (JOB PPEJ) mulai Maret 2018 lalu, kini pihaknya mengaku sedang melakukan komunikasi dengan Pemkab Tuban dan Bojonegoro untuk pembagian penyertaan Participating Interes (PI).

"Pembagian penyertaan modal (PI) ini sebesar 10 persen di wilayah produksi. Sekarang masih dalam tahap koordinasi dengan masing-masing Pemda (Bojonegoro dan Tuban)," ungkapnya.

Pembahasan penyertaan modal diantaranya tentang pembagian porsi 10 persen untuk dua kabupaten tersebut. Ditargetkan, proses penawaran PI bisa diselesaikan selama tiga bulan mendatang. Karena, lanjut Heri, saat ini pihak operator masih melakukan penyesuaian kerja di Blok baru.

Pembagian PI tersebut sesuai Permen ESDM No 37 Tahun 2016 tentang Ketentuan Penawaran PI 10 persen pada wilayah Kerja Minyak dan Gas Bumi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (K3S). Disebutkan dalam aturan tersebut operator wajib menyertakan 10 persen PI. [lus/ted]

Tag : migas

Komentar

?>