Senin, 17 Desember 2018
Dibutuhkan Wartawan untuk wilayah Nganjuk Syarat: 1.Pendidikan S1 (semua jurusan) 2. Usia Maksimal 28 Tahun 3. Memiliki SIM C 4. Punya Pengalaman Jurnalistik 5. Punya Pengalaman Organisasi Kirim Lamaran dan CV ke beritajatim@gmail.com

30 MMSCFD Produksi Husky Tunggu Pembeli

Kamis, 31 Mei 2018 16:40:06 WIB
Reporter : Renni Susilawati
30 MMSCFD Produksi Husky  Tunggu Pembeli

Surabaya (beritajatim.com) – Ini kabar gembira untuk industri di Jawa Timur yang membutuhkan gas bumi. 

Husky CNOOC Madura Limited (HCML) masih memiliki gas sekitar 30 Milion Metric Standart Cubic  Feet per Day (MMscfd) atau juta kaki kubik per hari yang belum termanfaatkan.

Menurut Head of Relations HCML Hamim Tohari, lapangan BD di Kabupaten Sampang, Madura semula  ditargetkan bisa memproduksi gas 100 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD) dan 7.000 barel kondensat per hari.

Namun saat ini produksi gas yang disalurkan ke PGN dan beberapa industri  baru 70 persennya saja yang bisa terserap. Sedangkan 30 MMscfd belum ada industri yang siap menggunakannya.

"Sebenarnya ada Petrokimia Gresik yang akan menggunakannya untuk kebutuhan produksi mereka di pabrik Urea II yang baru mereka bangun. Tetapi masih ada kendala sehingga gas HCML belum bisa dimanfaatkan secara maksimal," beber Hamim, saat bertemu wartawan, Kamis  (31/5/2018).

Dikatakan salah satu penyebab lain gas HCML tak bisa diproduksi secara maksimal adalah karena saat ini di Jatim terjadi over suplay gas atau kelebihan pasokan gas bumi. Kecenderungan ini, kata Hamim, diharapkan mampu memberi keyakinan bagi industri yang ingin menggunakan gas bumi sebagai energi yang lebih ramah lingkungan.

"Sekarang kami membuka tangan selebar-lebarnya untuk industri yang mau membeli gas kami. Masih ada 30 MMscfd yang siap disalurkan," tandas Hamim Tohari.[rea/ted]

Tag : migas

Komentar

?>