Rabu, 17 Oktober 2018

Tingkatkan Kompetensi Vendor Lokal Melalui Vendor Day Bersama JABANUSA 2018

Rabu, 09 Mei 2018 21:55:02 WIB
Reporter : Renni Susilawati
Tingkatkan Kompetensi Vendor Lokal Melalui Vendor Day Bersama JABANUSA 2018
Surabaya (beritajatim.com) -  SKK Migas dan Kontraktor Kerja Kerjasama wilayah Jabanusa (Jawa Bali Nusa Tenggara) gelar kegiatan Vendor Day 2018 selama dua hari berturut-turut (8-9 Mei 2018) demi meningkatkan kompetensi vendor lokal agar memiliki daya saing lebih baik.

Dengan tema “Peningkatan Kapasitas Lokal Menuju Kapasitas Nasional Melalui Sinergi Antara KKKS- Vendor”, diharapkan pengusaha lokal yang menjadi rekanan industri migas ini mampu memacu peningkatan peran vendor daerah di tingkat nasional.

Kegiatan yang di gelar tiap tahun ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru untuk mitra kerja KKKS dalam kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa Hulu Migas. Terutama yang terkait dengan regulasi yang berlaku dan memberikan pelatihan untuk pemenuhan regulasinya serta memberikan apresiasi kepada mitra kerja lokal yang telah memberikan kinerja terbaik.

Menurut VP Supply Chain Management PHE, Iman Bastari mengaku bahwa hubungan  kemitraan yang baik antara KKKS dengan vendor harus berjalan. Sehingga vendor mampu memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan KKKS.

"Hari pertama untuk Forum sharing informasi regulasi dan apresiasi dan hari kedua untuk pelatihan peningkatan kemampuan mitra kerja," jelas Iman.

Dikatakan, saat ini ada banyak peluang untuk vendor lokal dimana aturan PTK 007 revisi 4 yang memprioritaskan vendor lokal sebagai pelaksana kontrak dengan nilai sampai dengan USD 1 juta.
Penerapan sistem CIVD (Centralized Integrated Vendor Database) yang membuka kesempatan vendor lokal untuk mendaftar dan dikenal oleh seluruh KKKS di Indonesia.
Workshop dan sharing knowledge/sosialisasi yang diberikan oleh KKKS.

Peserta acara vendor day Jabanusa 2018 ini mencapai 600 peserta yang terdiri dari 495 peserta perwakilan dari lebih 250 vendor vendor lokal, SKK Migas dan perwakilan dari 11 KKKS Jabanusa yakni JOB Pertamina-PetroChina East Java, Pertamina EP, Pertamina EP Cepu, Pertamina Hulu Energi, Petronas Carigali, Santos, Kangean Energi Indonesia, HCML, Lapindo Brantas, Kris Energy, dan PGN Saka.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh  Deputi Pengendalian Pengadaan SKK Migas, Tunggal, mengingatkan para peserta, apa yang menjadi target dari pemerintah sekaligus harapan kepada para vendor. 

“Keinginan Pemerintah adalah mempertahankan produksi migas nasional. Kaitannya dengan Vendor Day adalah mendidik vendor lokal untuk dapat bersaing di tingkat nasional. Karena vendor-vendor inilah yang akan mendukung KKKS menjalankan kegiatan eksplorasi, hingga operasi produksi. Sehingga secara tidak langsung, dengan vendor yang kompeten, akan mendukung kapasitas nasional” pungkasnya.

Ditambahkan SKK Migas dan KKKS berkomitmen menggunakan produk barang jasa dalam negeri namun juga diharapkan kerja sama aktif dari Mitra Kerja untuk juga mendukung melalui upaya penciptaan produk dalam negeri yang berkualitas, kompetitif dalam harga dan kemampuan delivery sehingga memaksimalkan multiplier effect dari kegiatan hulu migas.[rea/kun]
Tag : skk migas

Komentar

?>