Kamis, 24 Mei 2018

Produksi KKKS CRC Kurang Dari Harapan

Kamis, 10 Mei 2018 13:59:48 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Produksi KKKS CRC Kurang Dari Harapan

Gresik (beritajatim.com) - Keberadaan Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) offshore Camar Resource Canada INC, atau CRC yang berada diatas perairan Pulau Bawean, Gresik kurang dari harapan.

Menurut Kepala SKK Migas perwakilan Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara (Jabanusa) Ali Masyhar menuturkan, saat ini sarana dan fasilitas di offshore CRC banyak yang rusak karena sudah tua. Di satu pihak keberadaan eksplorasi CRC sangat jauh. Sehingga, biaya produksinya lebih mahal dibanding menjual minyaknya.

"Dan itu baru setahun sekali CRC bisa menjual. Sebab, harus mengumpulkan dulu. Produksi CRC hanya sekitar 300-400 barrel oil per day (BOPD)," ujar Ali Masyhar kepada wartawan, Kamis (10/05/2018).

Saat ditanya ada informasi CRC mau di-take over oleh KKKS lain. Dijelaskan Ali Masyhar, kalau ada yang berani berarti masih ada optimisme bisa dikembangkan. Kendati demikian ada beberapa prioritas yang harus di perhatikan.

Sarana dan prasaranya harus diperbaiki termasuk pipa-pipanya maupun tanki penampungan supaya tidak bocor. Dengan kata lain, kalau ada KKKS yang mau mengambil alih diharapkan ada perbaikan dan bisa menampung 600-800 barrel oil per day (BPOD). "Kalau ada KKKS yang berminat tentu potensinya masih ada di sekitar berarti harus mengebor lagi," ujarnya.

Masih menurut Ali Masyhar, berdasarkan laporan yang masuk KKKS CRC akan diambil alih oleh KKKS asal Singapura tapi semua itu belum final. "Sebetulnya sudah final tapi pemberkasnya perlu penyempurnaan Kalau ada yang minat berarti ada potensi dan bisa dikembangkan lagi eksplorasinya," ungkapnya. [dny/kun]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>