Rabu, 19 September 2018

Ali Masyhar: Masyarakat Jangan Terlena Kekayaan Migas

Kamis, 08 Februari 2018 20:28:06 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Ali Masyhar: Masyarakat Jangan Terlena Kekayaan Migas

Padang (beritajatim.com) - Kepala Perwakilan SKK Migas Wilayah Jabanusa Ali Masyhar meminta agar masyarakat tidak terlena dengan kekayaan minyak dan gas bumi nasional. Pasalnya, sumber energi tersebut produksinya saat ini terus menurun. Sebaliknya konsumsinya terus naik.

"Produksi yang ada saat ini sekitar 800 ribu barel per hari. Angka itu merupakan sisa dari lapangan atau sumur tua," tuturnya di sela-sela Workhsop Migas dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) yang diselenggarakan PWI Gresik di Fave Hotel, Kamis (8/02/2018).

Ali Masyhar menambahkan, posisi migas nasional saat ini adalah sebagai importir dan bukan eksportir.

"Kalau peringkat stok minyak Indonesia di dunia saat ini ada di urutan 28, sedangkan untuk gas ada di urutan 14. Posisi tertinggi adalah negara Venezuela dan Arab Saudi," tambahnya.

Masih menurut Ali Masyhar, terkait dengan itu, dirinya meminta agar masyarakat realistis terhadap keberadaan migas nasional serta mengubah cara pandang yang salah terkait stok migas. Tujuannya supaya dapat menghemat serta bijak memanfaatkan sumber daya alam.

"Selain produksinya terus turun, investasi migas nasional juga selalu mengalami kendala klasik, dengan rincian 80 persen kendala nonteknis dan 20 persen teknis," ujarnya.

Ali Masyhar berharap, banyaknya problem dalam industri migas dapat diberikan solusi melalui pemikiran melalui media, dan ditemukan lagi sumur yang menjadi potensi migas nasional. [dny/but]

Tag : skk migas

Komentar

?>