Sabtu, 21 April 2018

Jabanusa Salah Satu Backbone Lifting Migas Nasional

Sabtu, 16 Desember 2017 22:04:13 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Jabanusa Salah Satu Backbone Lifting Migas Nasional
Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar. [Foto: Air/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Masyhar menyatakan rasa syukur dan bangganya atas kinerja KKKS di wilayah Jabanusa, khususnya di Jatim. Sehingga SKK Jabanusa kini menjadi backbone lifting minyak nasional.

Hal itu dikatakan Ali Masyhar saat pertemuan dengan pimpinan media massa beberapa hari lalu. Dari sekitar 820 ribu barel lifting minyak nasional, sekitar 30% di antaranya dihasilkan dari produksi minyak dan gas dari KKKS di Jabanusa. "Ini merupakan usaha kerja keras bersama, termasuk dari kalangan media massa," katanya.

Sejumlah KKKS di Jabanusa dengan tingkat produksi minyak cukup tinggi, seperti EMCL yang mengelola lapangan Banyuurip di Kabupaten Bojonegoro dengan tingkat produksi 208 ribu barel minyak per hari. KKKS lainnya antara JOB PPEJ di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, PHE WMO di lepas Pantai Utara Kabupaten Bangkalan, Madura, Pertamina EP IV, dan lainnya.

Selain itu, ada sejumlah KKS dengan produksi gas cukup besar, seperti Kangean Energy Indonesia (KEI) di Kabupaten Sumenep, Husky CNOOC Madura Limited (HCML) di lepas Pantai Kabupaten Sampang, Saka Energi, Lapindo Brantas Inc di Kabupaten Sidoarjo, Petronas, Santos di Sumenep, dan lainnya.

Di samping itu, sejumlah KKKS berinvestasi melakukan eksplorasi migas di Jatim, seperti Santos di Kabupaten Pamekasan, KEI, PHE Randugunting, PEP Cepu di lapangan Alas Dara dan Kemunding, Saka Energi, dan Petronas.

"Kita terus berupaya keras meningkatkan lifting migas untuk kepentingan nasional," tegas Ali.

Salah satu proyek migas besar yang sedang dikerjakan di Jatim adalah eksploitasi gas di Lapangan Jambaran dan Tiung Biru di Kabupaten Bojonegoro dengan operator PEP Cepu. Proyek ini memiliki nilai strategis tinggi untuk meningkatkan produksi gas dari Jatim untuk kepentingan nasional, khususnya sektor industri manufaktur dan pasokan energi sektor ekonomi lainnya.

Selama ini, lifting gas terbesar dari Jatim dihasilkan oleh KEI yang mengelola lapangan gas di Kabupaten Sumenep. [air]

Tag : skk migas

Komentar

?>