Jum'at, 20 Oktober 2017

DPRD Usulkan Bentuk BUMD Khusus Migas di Sumenep

Rabu, 04 Oktober 2017 17:33:03 WIB
Reporter : Temmy P.
DPRD Usulkan Bentuk BUMD Khusus Migas di Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) - Komisi II DPRD Sumenep mengusulkan pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) baru di Sumenep yang khusus bergerak di bidang minyak dan gas bumi (migas).

"Sumenep belum punya BUMD khusus di bidang migas, termasuk pengelolaan participating interest (PI). Selama ini terkait migas masih ditangani oleh PT Wira Usaha Sumekar (WUS)," kata Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Nurus Salam, Rabu (04/10/2017).

Pemerintah Kabupaten Sumenep mempunyai empat BUMD, yakni Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar yang bergerak dibidang perbankan, PT Wira Usaha Sumekar (WUS) yang mengelola SPBU, kemudian PT Sumekar yang bergerak di bidang transportasi laut, PD Sumekar mengelola apotek, dan PDAM yang bergerak di bidang penyediaan air bersih.

"Kalau BUMD yang sudah ada itu bisa ditambah lagi dengan satu BUMD baru di bidang migas, maka akan bisa memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) setiap tahunnya," ujar Oyok, panggilan karib Nurus Salam.

Ia menjelaskan, saat ini komisi II DPRD Sumenep tengah menyiapkan regulasi pembentukan BUMD baru di bidang migas. "Nanti kalau regulasinya sudah final, maka baru kami akan mulai menyusun langkah berikutnya," ucapnya.

Saat ini terdapat sejumlah kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang beroperasi di Sumenep. Sebagian operator migas tersebut telah melakukan kegiatan ekploitasi, dan beberapa yang lain masih dalam tahap explorasi.

KKKS yang sudah melakukan eksplotasi diantaranya Kangean Energy Indonesia (KEI), PT Santos, dan Husky Cnooc Madura Limited (HCML). Sementara sebagian yang masih dalam tahap explorasi diantaranya PT Energi Mineral Langgeng (EML), PetroJava Inc, Husky Anugerah Ltd, dan Techwin Energy Northeast Madura Ltd.

"Bisa dibayangkan, kalau satu BUMD saja bisa menyetorkan Rp 7,2 miliar dalam satu tahun, sedangkan di Sumenep terdapat empat BUMD, maka tinggal dihitung, berapa pemasukan ke PAD. Pasti ini akan maksimal," tegas Oyok. [tem/but]

Tag : migas

Komentar

?>