Senin, 20 Nopember 2017

SKK Migas Jabanusa Fokus Cari Cadangan Migas Baru

Rabu, 19 April 2017 17:43:05 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
SKK Migas Jabanusa Fokus Cari Cadangan Migas Baru

Bojonegoro (beritajatim.com) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Jawa, Bali dan Nusatenggara (Jabanusa) saat ini sedang fokus dalam pencarian (eksplorasi) untuk menambah kebutuhan produksi secara nasional.

Kondisi beberapa tapak sumur yang sudah berproduksi saat ini kondisinya banyak yang sudah mengalami penurunan.

Kepala SKK Migas Jabanusa, Ali Mashyar mengungkapkan, saat ini produksi nasional masih bergantung dari lapangan Banyu Urip, Blok Cepu di Kabupaten Bojonegoro sebagai penyumbang terbesar. "Untuk meningkatkan produksi sekarang harus melakukan eksplorasi besar-besaran," kata Ali Mashyar, Rabu (19/4/2017).

Salah satu titik eksplorasi yang dilakukan saat ini di lapangan Alas Dara Kemuning (ADK) yang dioperatori oleh Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC). Selain Lapangan ADK, sebelumnya juga melakukan eksplorasi di Blok Randu Gunting, namun potensi cadangan gasnya masih kecil sehingga tidak dilanjutkan. "Sekarang pindah ke Kabupaten Rembang, dan potensi gasnya ada sekitar 10 MMSCFD," terangnya.

Ali Mashyar mengatakan, seharusnya di Blok Randu Gunting tersebut masih ada potensi cadangan gasnya. Namun, karena pertimbangan efesiensi waktu sehingga tidak dilanjutkan proses pengeborannya. Kegagalan produksi juga terjadi di Lapangan Kangean. Dari kegagalan di Kangean, Pemerintah ditengarai mengalami kerugian Rp1 triliun.

Saat ini penyumbang produksi nasional dari wilayah Jabanusa sekitar 20 - 30 persen, atau sebesar 230 sampai 240 ribu barel perhari. Penyumbang produksi terbesar dari Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu, yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), sebesar 206 ribu barel perhari. Sisanya dari Lapangan Migas Blok Tuban, Suko Wati, yang dioperatori Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) maupun dari Petronas Madura. [lus/ted]

Tag : migas

Komentar

?>