Senin, 20 Nopember 2017

Pertamina EP Resmikan Masjid di Sekitar Lapangan Tapen Tuban

Selasa, 11 April 2017 22:13:28 WIB
Reporter : M Muthohar
Pertamina EP Resmikan Masjid di Sekitar Lapangan Tapen Tuban

Tuban (beritajatim.com) - PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu meresmikan bangunan masjid Baitus Salam yang berada di Dusun Tapen, Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Kabupaten Tuban. Lokasi masjid masuk dalam kawasan ring I kegiatan operasi Pertamina EP Asset 4 itu.
 
Renovasi masjid tersebut dilakukan oleh Pertamina EP di samping tempat masjid yang lama dengan membuat bangunan baru yang dilengkapi dengan sarana yang lebih bagus dari sebelumnya. Pembangunan masjid Baitus Salam itu menggunakan dana yang tidak sedikit.
 
"Ya untuk pembangunan masjid Baitus Salam ini menggunakan dana cukup besar. Untuk renovasi ini dananya sendiri berasal dari anggaran Sosial dan Lingkungan," terang Agus Amperianto, Field Manager (FM) Pertamina EP Asset 4 Field Cepu setelah meresmikan masjid, Selasa (11/4/2017).
 
Agus menjelaskan, dalam pembangunan masjid itu pihaknya menyebutkan dengan istilah renovasi, karena sebelum dibangun masjid oleh Pertamina EP sudah ada masjid di tempat itu. Sedangkan untuk proses pembangunan masjid Baitus Salam yang berada di ring 1 lapangan Sumur Tapen itu berjalan sekitar 3 bulan mulai tahap awal hingga selesai.
 
"Kita bilang ini adalah dengan istilah renovasi, karena sebelumnya di sini sudah ada masjidnya. Kalau kita bilang membangun masjid malah terkesan di sini belum ada masjidnya. Ini adalah untuk membantu keinginan untuk memiliki tempat ibadah yang lebih baik. Kalau renovasi adalah tugas Pertamina untuk membantu pemerintah," tambahnya.
 
Keberadaan masjid yang dibangun oleh Pertamina EP Asset 4 itu memiliki ukuran sekitar 20 meter x 10 meter beserta dengan semua fasilitasnya. Pembangunan dilakukan di samping masjid yang lama di tanah wakaf yang telah ditentukan sesuai dengan permintaan dari warga desa setempat.
 
Selain sebagai tempat salat maupun ibadah lain, dengan keberadaan masjid yang lebih bagus itu, pihak Pertamina EP berharap akan mampu memunculkan kegiatan-kegiatan positif dari warga masyarakat sekitar. Sehingga pihak pengurus masjid bisa menggali potensi untuk kegiatan positif dan melakukan amal sholeh.
 
"Tujuan kita adalah masjid ini nanti menjadi awal untuk kegiatan-kegiatan positif yang bisa dikembangkan masyarakat untuk mempertajam ukhuwah antar warga. Mari kita hidupkan masjid, mari kita bangun kejayaan umat melalui kegiatan di masjid," tegas Agus Amperianto.
 
Sementara itu, dalam peresmian Masjid Baitus Salam itu dihadiri oleh Sudarmaji, selaku Kabag Ksejahteraan Rakyat (Kesra) Pemerintah Kabupaten Tuban mewakili Bupati Tuban yang berhalangan hadir. Ia menyatakan bahwa pembangunan masjid itu sejalan dengan visi Pemkab untuk menjadikan Kabupaten Tuban yang religius.
 
"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Tuban sangat berterima kasih dengan pembangunan masjid yang dilakukan Pertamina EP ini. Ke depan kami ingin masjid di Kabupaten Tuban tidak hanya sebagai tempat untuk salat dan ngaji saja, tapi masjid mampu menjadi pusat pemberdayaan masyarakat," kata Sudarmuji, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) Kabupaten Tuban.
 
Kegiatan peresmian Masjid Baitus Salam, Dusun Tapen Desa Sidoharjo, Kecamatan Senori, Tuban yang juga dihadiri Muspika Kecamatan Senori dan warga itu ditutup dengan santunan anak yatim yang berasal dari desa setempat. Dalam kesempatan tersebut Pertamina EP Asset 4 Field Cepu memberikan santunan kepada 50 anak yatim. [mut/but]

Tag : pertamina ep

Komentar

?>