Selasa, 24 Oktober 2017

HCML Disambati Listrik Puskesmas Giligenting

Rabu, 08 Maret 2017 23:54:04 WIB
Reporter : Temmy P.
HCML Disambati Listrik Puskesmas Giligenting

Sumenep (beritajatim.com) - Warga Pulau/ Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep mengeluhkan kondisi listrik di Puskesmas setempat selama 6 bulan terakhir. Akibatnya, tidak jarang keluarga pasien harus membawa solar sendiri untuk bahan bakar mesin genset.

"Disini kan masih menggunakan PLTD, dengan mesin-mesin genset. Kalau perlu penerangan, kadang keluarga pasien ya terpaksa bawa solar sendiri untuk bahan bakar mesin genset Puskesmas," kata salah satu warga setempat, Syaiful Anang, Rabu (08/03/2017).

Menurutnya, kondisi tersebut cukup membebani keluarga pasien, karena harus mengeluarkan biaya yang tidak kecil untuk membeli solar. Karena itu, ia berharap ada kepedulian kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) migas yang beroperasi di Giligenting, untuk membantu penerangan di Puskesmas.

"Disini kan ada Santos, ada HCML. Kami berharap ada kepedulian untuk kelistrikan di Puskesmas dengan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)," ujarnya.

Sementara Head of Relation PT Husky-Cnooc Madura Limited (HCML) mengaku siap untuk membantu pembuatan PLTS. Namun pihaknya masih akan menghitung, berapa anggaran yang dibutuhkan untuk PLTS khusus di Puskesmas.

"Kalau nilainya tidak terlalu besar, ya Insya Allah akan kami penuhi. Tapi kalau nilainya di luar kemampuan kami, maka kami akan sampaikan ke SKK migas, untuk bisa sharing dengan Santos," ucapnya.

Menurutnya, meskipun hingga saat ini HCML belum melakukan kegiatan produksi di Giliraja, namun pihaknya tetap berkomitmen untuk membantu warga setempat sesuai kemampuan perusahaan.

"Kami sekarang ini kan masih tahap pengembangan sumur baru, yakni Lapangan MAC, 25 km di selatan Pulau Giliraja. Masih belum produksi. Tetapi kami tetap akan berusaha membantu masyarakat, semampu kami," ucapnya. [tem/suf]

Tag : hcml

Komentar

?>