Sabtu, 29 April 2017

Komitmen Aspirasi Warga, HCML Gelar Sosialisasi Tambahan

Rabu, 08 Maret 2017 22:05:48 WIB
Reporter : Temmy P.
Komitmen Aspirasi Warga, HCML Gelar Sosialisasi Tambahan

Sumenep (beritajatim.com) - SKK Migas Perwakilan Jabanusa dan Husky-Cnooc Madura Limited (HCML) menepati janji untuk melakukan sosialisasi tambahan rencana pengembangan Lapangan MAC di Kecamatan Giligenting, Kabupaten Sumenep.

"Kami sudah berkomitmen terhadap aspirasi warga, untuk melakukan sosialisasi tambahan seperti yang sudah disepakati dalam rapat dengar pendapat di DPRD Sumenep," kata Head of Relation HCML, Hamim Thohari.

Sosialisasi Tambahan Rencana Pengembangan Lapangan MAC digelar di Kantor Kecamatan Giligenting pada Selasa (07/03/2017). Sosialisasi tersebut dihadiri Sekretaris Kecamatan Giligenting, tiga Kepala Desa, tokoh masyarakat, dan pemuda setempat.

"Jadi kegiatan sosialisasi tambahan ini merujuk pada aspirasi sekelompok warga Giligenting dan Giliraja, seperti kesepakatan yang dihasilkan di DPRD Sumenep," tandas Hamim.

Ia memaparkan, pada tahun 2016, HCML mulai melakukan kegiatan pengembangan lapangan MAC di wilayah Perairan Gili genting dan Giliraja. Tahapan kegiatan saat ini adalah penyusunan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (AMDAL).

"Amdal ini tidak hanya memuat data, tetapi secara keseluruhan. Misalnya biota laut harus tetep terjaga seperti sebelum pengeboran. Karena itu ada 'marine survey' dan 'geotechnical survey' atau survey laut," ujarnya.

Menurut Hamim, HCML akan kembali melakukan kegiatan pada akhir 2018 atau pertengahan 2019. Sementara kegiatan operasi akan dimulai pada akhir 2019.

"Tentu saja dengan catatan, hasil survey positif mengandung nilai ekonomi dan bisa dilanjutkan ke tahap eksploitasi," ungkapnya.

Sementara Humas SKK Migas Perwakilan Jabanusa, Moh. Fatah Yasin menjelaskan, pihaknya mendapat tugas dari pemerintah untuk melakukan pengawasan hulu migas.

"HCML merupakan mitra pemerintah yang melakukan pengembangan Lapangan MAC, 25 km di selatan Pulau Gili Genting. Kami menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan baik," ucapnya.

Sebelumnya, pada 21 Februari 2017, Komisi I DPRD Sumenep menggelar rapat dengar pendapat untuk menindaklanjuti aspirasi dari warga Pulau Giligenting dan Giliraja yang menginingkan HCML melakukan sosialisasi tambahan atas rencana pengembangan lapangan gas MAC Blok Madura Strait.

Dalam rapat tersebut, DPRD Sumenep merekomendasikan SKK Migas Perwakilan Jabanusa dan manajemen HCML melakukan sosialisasi tambahan bagi warga Pulau Giligenting dan Giliraja pada tanggal 7-8 Maret 2017. Di Pulau Giligenting sosialisasi disepakati satu titik, dan di Pulau Giliraja, sosialisasi disepakati empat titik.

"Kami berharap, kerja sama yang sudah terjalin dapat diteruskan. Terima kasih untuk dukungan masyarakat. Karena bagaimanapun, kami tetap harus berdampingan dan memberikan manfaat seluas-luasnya nya bagi masyarakat. [tem/but]

Tag : hcml

Komentar

?>