Sabtu, 24 Juni 2017

Total Nilai Kompensasi Flare Capai Rp24,8 Miliar

Minggu, 05 Maret 2017 21:27:27 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Total Nilai Kompensasi Flare Capai Rp24,8 Miliar
Cari Solusi: Pertemuan SKK Migas Jabanusa-JOB PPEJ dengan warga Desa Rahayu. Usajha mencari jalan penyelesaian. [Foto: thohar/bj.com]

Surabaya (beritajatim.com)--Kontrak Blok Tuban oleh Joint Operating Body Pertamina-PetroChina East Java (JOB PPEJ) akan berakhir pada awal 2018 mendatang. Korporasi hulu migas ini tetap konsisten menjalankan tugas utamanya: lifting minyak dan gas sebagaimana diamanatkan negara via SKK Migas.

Kini, tingkat lifting minyak JOB PPEJ sekitar 10 ribu sampai 10,5 ribu barel minyak per hari. Hal itu jauh menurun dibandingkan ketika JOB PPEJ menorehkan puncak produksinya yang mencapai 43 ribu sampai 45 ribu barel minyak per hari. Masa keemasan JOB PPEJ terjadi pada 2009 lalu.

Dampak dari tingkat lifting minyak yang sangat tinggi pada 2009 sampai 2015, secara teknis, munculnya flare dengan tingkat tekanan gas cukup tinggi dan volume cukup besar. "Saat puncak produksi minyak, volume gas ikutan yang muncul di atas 20 juta kaki kubik per hari," kata Akbar Pradima, FAS JOB PPEJ beberapa waktu saat pertemuan di Pendopo Kecamatan Soko yang dihadiri Wabup Tuban, Nooer Nahar Husain.

Sesuai ketentuan yang berlaku, gas yang dibakar melalui flare itu memiliki implikasi terhadap lingkungan fisik di sekitar daerah operasi dan produksi. Karena itu, ada kebijakan kompensasi kepada warga sekitar wilayah operasi dan produksi. Secara faktual, JOB PPEJ telah memberikan kompensasi atas dampak flare itu sejak 2009-2015.

Berapa total nilai kompensasi yang telah diberikan? "Sebesar Rp24,8 miliar," kata Akbar Pradima. Kompensasi itu di luar kucuran anggaran program CSR. JOB PPEJ telah memberikan banyak program CSR kepada warga ring I di kawasan operasi dan produksi. Seperti pembangunan balai desa, pembangunan gedung SD, bantuan program air bersih desa, bantuan program pengairan pertanian, dan lainnya.

"Hubungan kami dengan warga ring I seperti bapak dan anak. Kami hampir 30 tahun beroperasi di Tuban dan Bojonegoro. Mereka itu mitra di lapangan," tambah Akbar Pradima. [air]

Tag : job ppej

Komentar

?>