Sabtu, 29 April 2017

Soal Gugatan Freeport, Ini Kata Sri Mulyani

Rabu, 22 Februari 2017 12:58:49 WIB
Reporter : -
Soal Gugatan Freeport, Ini Kata Sri Mulyani

Jakarta (beritajatim.com) - Gagal nego antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia terkait izin operasi, rasanya sulit diurai kembali. Dan, industri tambang asal AS ini bakal mengajukan gugatan ke arbitrase internasional.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bilang, posisi pemerintah adalah menjalankan UU No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba). Di mana, PP No 1 Tahun 2017 merupakan turunan dari beleid tersebut.

Saat ini, kata Menkeu Mulyani, koordinasi dengan Kementerian energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) semakin intensif digelar.

"Pada dasarnya kami, apakah Kementerian ESDM maupun Kemenkeu, UU Minerba mengamatkan pemerintah untuk melakukan pengaturan kembali dalam mengelola pertambangan mineral batubara. Spiritnya, tentu saja UUD. Bahwa pertambangan harus bisa memberikan manfaat kepada semua orang, termasuk generasi mendatang," paparnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (22/02/2017).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini bilang, dari sisi kepentingan nasional, pemerintah sangat menjaga sisi penerimaan negara, baik dari pajak, PPH, PPN, Royalti dan PPB. Selain itu juga untuk tetap menjaga kesempatan investasi yang lebih baik di Indonesia.

"Itu semua hanya bisa dituangkan dalam UUD yang sudah ditanggalkan dari tahun 2009 mengenai semua kontrak yang sudah dibuat seperti dan dimandatkan melakukan perubahan termasuk didalamnya pengaturan untuk penerimaan negara," paparnya.

Selain itu perubahan aturan ini juga lebih menekankan aturan yang lebih transparan dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara terbuka dan tidak ada lagi negosiasi yang sifatnya tertutup.

"Jadi saya anggap ini merupakan suatu proses negosiasi transisi agar spirit mengelola pertambangan di Republik Indonesia jauh lebih baik dan transparan dan memberikan manfaat kepada masyarakat secara luas," tandasnya. [ipe]

Sumber : Inilah.com
Tag : freeport

Berita Terkait

    Komentar

    ?>