Sabtu, 22 Juli 2017

Pengembangan Lapangan Gas MAC

SKK Migas dan HCML Siap Gelar Sosialisasi Pemantapan

Selasa, 21 Februari 2017 22:41:48 WIB
Reporter : Temmy P.
SKK Migas dan HCML Siap Gelar Sosialisasi Pemantapan

Sumenep (beritajatim.com) - SKK Migas Perwakilan Jabanusa dan PT Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) siap melakukan sosialisasi pemantapan kepada warga Pulau Giligenting dan Giliraja, Kabupaten Sumenep, terkait rencana pengembangan lapangan gas MAC Blok Madura Strait.

"Dalam pertemuan di DPRD Sumenep, sudah disepakati akan dilakukan sosialisasi tambahan di Giligenting dan Giliraja dalam waktu dekat," kata Kepala Urusan Humas SKK migas perwakilan Jabanusa, Moh. Fatah Yasin.

Fatah Yasin bersama beberapa perwakilan SKK migas Jabanusa dan manajemen HCML berada di Sumenep pada Selasa (21/02/2017), guna mengikuti rapat dengar pendapat dengan Camat dan para kepala desa di Giligenting dan Giliraja. Rapat dengar pendapat tersebut digagas oleh Komisi I DPRD Sumenep.

Pertemuan di ruang paripurna DPRD itu merupakan tindak lanjut atas pertanyaan sejumlah warga Giligenting, terkait rencana HCML melakukan pengeboran di wilayah mereka yang dianggap minim sosialisasi.

Namun, dalam pertemuan tersebut, terungkap bahwa SKK Migas Jabanusa dan manajemen PT HCML telah melakukan sosialisasi di Pulau Giligenting dengan mengundang para kepala desa setempat dan perwakilan warga.

"Sosialisasi tambahan itu akan dilakukan 1 kali di Pulau Giligenting, dan 4 kali di Pulau Giliraja. Pelaksanaannya disepakati tanggal 7-8 Maret 2017," ujar Fatah.

Menurutnya, dalam pemantapan sosialisasi tersebut, akan dijelaskan mengenai rencana kegiatan operasi HCML pengembangan sumur MAC, yang terletak 25 km dari Kecamatan Giligenting.

"Tapi kegiatan operasi itu masih sekitar akhir 2019. Kalau sekarang ini HCML belum ada kegiatan. Yang ada hanya kajian-kajian internal dan penyusunan AMDAL," terangnya.

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sumenep, Darul Hasyim menjelaskan, rapat dengar pendapat bersama SKK migas dan HCML tersebut untuk menindaklanjuti aspirasi warga Pulau Giliraja.

"Setelah ini, kami akan menindaklanjuti hasil rapat dengar pendapat dengan menggelar rapat pleno internal untuk merumuskan tindak lanjut yang akan kami lakukan sesuai proporsi kewenangan kami sebagai wakil rakyat," ujarnya.

Sementara salah satu perwakilan warga Kecamatan Giligenting, Syahrul Gunawan, berharap agar SKK Migas dan manajemen PT HCML menepati janji untuk melakukan sosialisasi tambahan tentang rencana pengembangan lapangan gas MAC Blok Madura Strait. "Jadi kami masih menunggu terlaksananya sosialisasi tambahan itu," ucapnya. [tem/suf]

Tag : skk migas

Komentar

?>