Selasa, 26 September 2017

EMCL Pastikan Operasi Berjalan Normal

Senin, 19 Desember 2016 21:55:21 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
EMCL Pastikan Operasi Berjalan Normal

Bojonegoro (beritajatim.com) - Juru bicara ExxonMobil Cepu Limited (EMCL), Rexi Mawardijaya mengungkapkan, proses produksi minyak dan gas bumi (migas) Lapangan Banyu Urip, Blok Cepu saat ini sedang dalam tahapan start up dan commissioning.

"Hari ini operasi kami berjalan normal dan aman. Apabila terjadi suatu hal yang tidak normal, kami akan segera mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengatasinya," ujarnya, Senin (19/12/2016).

Sementara adanya tujuh orang yang diduga mengalami keracunan akibat kebocoran gas dari proses produksi Blok Cepu itu, pihaknya mengaku terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna memastikan kegiatan operasi berjalan dengan aman dan efisien.

"Kami sedang mencari tahu penyebab keluhan masyarakat itu," lanjutnya.

Sementara Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bojonegoro menilai bahwa operator Lapangan Banyu Urip Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) masih masif dalam melakukan pelaporan aktifitas produksi yang dilakukan.

Kepala Bidang Laboratorium dan Pengkajian Lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bojonegoro Heri Susanto, mengungkapkan, kegiatan yang mengeluarkan dampak terhadap masyarakat, harus dilaporkan kepada BLH, agar aktifitas tersebut bisa disampaikan kepada masyarakat.

"Jika ada konfirmasi sebelumnya kita bisa melakukan sosialisasi dari unsur pemerintahan kepada masyarakat. Padahal jika kebocoran gas tersebut dengan cara tiarap sudah aman," katanya.

Pihaknya berharap kepada perusahaan asal Amerika Serikat itu agar segera memasang early warning system dan penunjuk arah mata angin. "Early warning system ini dipasang diluar, sehingga jika ada kebocoran masyarakat tahu dan ada tindakan (menyelamatkan diri)," pungkasnya. [lus/but]

Tag : emcl

Komentar

?>