Minggu, 30 April 2017

Keuangan Kinclong, Luhut: Pertamina Lebih Awal Masuk Blok Mahakam

Sabtu, 27 Agustus 2016 23:17:01 WIB
Reporter : -
Keuangan Kinclong, Luhut: Pertamina Lebih Awal Masuk Blok Mahakam
Pertamina: Plt Menteri ESDM Luhut B Panjaitan menilai Pertamina bisa masuk Blok Mahakam lebih awal. [Foto: dok/bj.com]

Jakarta--Pemerintah optimistis keinginan PT Pertamina (Persero) mengelola Blok Mahakam bakal mulus di 2017. Diyakini aksi korporasi ini tidak akan menggerus keuangan perusahaan.

Plt Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, saat ini, payung hukum segera diteken sehingga Pertamina bisa masuk lebih awal di Blok Mahakam.

Pertamina menjanjikan dana USD 1,5 miliar untuk pengembangan Blok Mahakam. "Sudah sepakat kita dengan USD 1,5 miliar untuk 19 sumur akan segera dilakukan," kata Luhut di Jakarta, Jumat (26/8/2016).

Luhut menambahkan, saat ini keuangan Pertamina masih dalam kondisi baik dengan total kemampuan investasi mencapai USUSD 5,4 miliar. Karena itu, ia tidak terlalu mengkhawatirkan jika Pertamina mengeluarkan dana lebih awal di Blok Mahakam.

"Pertamina juga sekarang uangnya cukup banyak, punya USUSD 5,4 miliar. Jadi cukup sehat itu perusahaan," tutur dia.

Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto sebelumnya menuturkan, perkiraan dana itu termasuk investasi pada keterlibatan operasi bersama existing kontraktor di tahun depan.

Jumlah USD 1,5 miliar juga mencakup kebutuhan investasi saat Pertamina menjadi pemilik hak partisipasi mayoritas di Blok Mahakam pada tahun 2018.

"Diperkirakan (investasi) USD 1,5 miliar. Itu seluruhnya (2017) dan untuk produksi pasca 2017," kata Dwi.

Dwi menambahkan, di tahun depan, dana tersebut rencananya digelontorkan untuk pengeboran 19 sumur dan beberapa sumur pengembangan.

Bila tidak aral melintang, Pertamina terjun langsung di Blok Mahakam pada triwulan II/2017. "Dari rencana itu kira-kira 19 sumur dan ada sumur pengembangan. Itu di triwulan II," ujar dia. [air]

Sumber : Inilah.com
Tag : pertamina

Komentar

?>