Senin, 23 Januari 2017

Mudik Lebaran, Stok BBM Pertamina 20 Hari ke Depan

Selasa, 05 Juli 2016 22:38:31 WIB
Reporter : -
Mudik Lebaran, Stok BBM Pertamina 20 Hari ke Depan
Wianda Pusponegoro: Mudik Lebaran 2016, stok BBM Pertamina untuk 20 hari ke depan. [Foto: dok/bj.com]

Jakarta--Vice Presiden Corporate Communications PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, mengatakan, stok BBM untuk para pemudik selama musim mudik Lebaran 2016 sangat mencukupi.

"Berdasarkan perhitungan untuk skala nasional kami sudah menyiapkan stok BBM untuk 20 hari ke depan. Biasanya, di waktu normal, stok BBM hanya dipersiapkan untuk 17 hari ke depan," katanya di Gedung Korlantas Polri, Jakarta, Selasa (5/7/2016).

Wianda memastikan stok BBM dalam kemasan yang belakangan disiapkan, dapat mencukupi kebutuhan pemudik yang melintas di jalur rawan kemacetan.

Pasalnya, katanya, sebelum arus mudik Lebaran tahun ini, Pertamina sudah mempersiapkan serangkaian strategi mengantisipasi kesulitan BBM di sejumlah rest area dan titik kemacetan.

"Misalnya, di rest area klas B atau yang tidak ada SPBU, Pertamina sudah menyiapkan kios yang menyediakan BBM jenis pertamax. Kios pertamax ini ada di sepuluh titik jalur mudik. Tujuh titik di jalur Utara dan tiga titik di jalur Selatan (Pulau Jawa)," jelasnya.

Mengenai pemenuhan BBM bagi kendaraan yang ada di perlintasan tol menuju Brebes, suplai BBM dibantu Kepolisian. Mobil pengantar BBM dikawal agar bisa menembus dan melewati kemacetan dan melakukan pengisian langsung ke mobil pemudik.

"Hari ini juga akan dikirimkan enam mobil pikup pembawa BBM. Masing-masing mobil berisi sekira 1.500 liter BBM dalam kemasan. Enam motor masing-masing membawa 40 liter BBM kemasan," kata dia.

Wianda mengatakan pihaknya menjamin suplai BBM ke wilayah padat kendaraan di Jawa Barat tidak akan terkendala dan mencukupi.

"Kami punya mobil tangki dilengkapi dispenser dan memuat 1500 liter BBM. Nanti kami tempatkan di lokasi tertentu untuk membantu kelancaran pemudik," kata dia.

Pertamina sudah melakukan mapping untuk mengantisipasi kelangkaan BBM selama arus mudik dan arus balik Lebaran berlangsung. Menurutnya, ada empat terminal BBM yang menjadi sorotan Pertamina saat ini.

"Kebutuhan BBM untuk Wilayah Brebes, Tegal, sampai perbatasan Cirebon, dan termasuk wilayah Slawi akan disuplai dari Balongan, Kabupaten Indramayu, Jabar," tegasnya. [air]

Sumber : Inilah.com
Tag : bbm

Komentar

?>