Berita Migas

Target Lifting Tinggi, Safety Harus Lebih Diperhatikan

Kegiatan Forum Divisi Penunjang Operasi dan Kselamatan Migas Tahun 2019 di Hotel JW Marriot Surabaya, Rabu (26/6/2019)

Surabaya (beritajatim.com) – Kepala Deputy Operasi SKK Migas, Fatar Yani Abdurrahman, mengingatnya pentingnya aspek safety dalam kegiatan hulu migas di Indonesia. Apalagi target lifting migas tahun 2019 ini lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

Penegasan itu disampaikan Fatar Yani pada kegiatan Forum Divisi Penunjang Operasi dan Keselamatan Migas Tahun 2019, yang bertema: Peningkatan Kesiapan Fasilitas Penunjang Operasi dan Keselamatan Migas dalam Menyuskseskan Kegiatan Lifting Migas 2019.

Kegiatan ini diikuti sejumlah kontraktor kerja sama (KKS) dan berlangsung d Hotel JW Marriot di Jalan Embong Malang, Surabaya, Rabu (26/6/2019). “Penunjang operasi memegang peranan sangat penting. Kita lihat tahun ini tantangannya sangat berat. Pertama target lifting sangat tinggi 775.000 barel per hari (BPH) dan produksi baru mencapai sekitar 95% dari target yaitu 760.000 BPH.

Sementara itu cost recovery juga tinggi, di mana 30% dari total biaya produksi adalah biaya penunjang operasi. Maka dari itu bila penunjang operasi ini tidak optimal maka produksi bisa tidak tercapai,” ujar Fatar Yani.

Dia menguraikan, tingkat fatality kegiatan hulu migas di Indonesia terus mengalami penuunan, di mana pada pada
tahun sebelumnya yaitu 1 orang.

Kendati demikian, ingatnya, kejadian fatality sebenarnya tidak boleh terjadi di industri migas. Namun catatan fatality akibat serangan jantung ada 18 jiwa. “Maka dari itu K3LL perlu ditingkatkan karena hal tersebut sangat tidak kita harapkan,” tegas Fatar.

Hal penting yang dilakukan SKK Migas bersama KKKS terkait serangan jantung ini adalah melakukan analisa bagaimana agar ke depan tidak ada lagi korban terkena serangan jantung. Karena itu, analisa mendalam sangat dibutuhkan dalam konteks ini agar fatality akibat penyakit dan atau serangan jantung menjadi zero. “Jadi pekerja yang datang ke area operasi dipastikan fit to work. Pengecekan kesehatan mereka secara teliti dan menyeluruh sangat diperlukan,” jelasnya.

Hal lain yang disampaikan Fatar Yani adalah tentang penunjang operasi yang cukup kritikal tahun ini tentang
kapal. Sebab, lifting minyak tidak boleh ada deadstock. “Dengan tingginya tingkat pengapalan, maka pasti kebutuhan biaya juga tinggi. Namun hal ini sangat penting karena target lifting kita 100%, maka tetap perhatikan faktor safety-nya,” katanya mengingatkan.

Tentang kinerja K3S di SKK Migas Jabanusa, Fatar mengemukakan total kontribusi K3S di Jabanusa terhadap
lifting minyak secara nasional mencapai 40% atau sekitar 300 ribu barel per hari. Lapangan Banyuurip yang dioperatori ExxonMobil memberikan kontribusi sebesar 215 sampai 220 ribu barel per hari terhadap lifting minyak
nasional.

“Sejumlah K3S di Jabanusa kontribusinya sekitar 40% untuk minyak, sedang untuk gas sekitar 10%. Lifting gas terbesar dari Kaltim dan lapangan Tangguh Papua,” katanya.

Fatar Yani mengatakan, lapangan Banyuurip di Kabupaten Bojonegoro menjadi salah satu tulang punggung lifting minyak nasional. SKK Migas dan operatot lapangan Banyuurip merencanakan peningkatan produksi minyak dari lapangan tersebut hingga 225 ribu barel per hari. Sebelum itu direalisasikan, aspek teknis dan lingkungan mesti dicek secara diteliti dan komprehensif. “Harapannya lapangan Banyuurip bisa produksi sampai 225 ribu barel per hari,” ujarnya.

Sementara itu, pada kesempatan sama diberikan penghargaan HSE Award 2018. Untuk kategori Kinerja Keselamatan Kerja 2018, di mana posisi pertama dimenangkan PT Petrochina International Jabung Ltd; Kedua PT Pertamina Hulu Energy Offshore Southeast Sumatera; dan ketiga PT Pertamina EP Cepu.

Untuk kategori Kinerja Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan 2018, posisi pertama ditempati PT BP Berau Ltd; Kedua oleh PT Pertamina Hulu Energi Jambi Merang; Dan ketiga oleh BOB Bumi Siak Pusako Pertamina Hulu. Sedang kategori Kinerja Keselamatan Kerja dan Kesehatan Keselamatan Kerja dan Lindungan Lingkungan Terbaik dimenangkan Santos Madura Offshore. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar